Upaya Pencegahan Penularan Covid-19 Melalui Pembuatan Tempat Cuci Tangan (Pedal Kaki) di kantor Kecamatan Minasate’ne Kabupaten pangkajene dan Kepulauan

Zulyadi Nawir(1*), Nur Fadhila(2), Sri Sulastri Wahyuni(3), St Sulfajriani Salam(4),

(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Makassar
(4) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Dunia saat ini sangat digemparkan dengan berita WHO China Country Office pada tanggal 31 Desember 2019 tentang kasus pneumonia yang tidak diketahui etiologinya tepatnya di kota Wuhan, Provinsi Hubei, Cina. Coronavirus disease 2019 (Covid-19) merupakan coronavirus  jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya  pada manusia. Penyakit ini bersifat menular terutama jika bersentuhan. Kasus penularan COVID-19 sudah memasuki negara indonesia. Membersihkan tangan dengan teratur menggunakan air yang mengalir, memakai sabun dengan waktu 40 – 80 detik serta menhindari penyetuhan mata, mulut dan hidung saat tangan tidak benar bersih dapat mencegah penyebarannya Berbagai upaya yang dilakukan dalam memutus rantai penyebaran COVID -19 seperti menghidari keramaian, menggunakan masker, mencuci tangan, dan mematuhi protokol kesehatan lainnya. Kegiatan berupa perlindungan (protect) antara lain dapat dilakukan dengan adanya sarana cuci tangan memakai sabun yang mudah ditemui dan telah memenuhi standar penediaan handsanitizer , upaya penapisan kesehatan orang yang menuju ketempat-tempat umum, serta penegakan kedisiplinan masyarakat yang beresiko tertularnya COVID-19. Dikantor Kecamatan Minasate’ne tempst cuci tangan hanya menggunakan keran biasa. Untuk menanggulangi hal tersebut dilaksankan penyuluhan pembuatan tempat cuci tangan (pedal kaki) yang efektif dalam penggunaannya. Hasil dari pembuatan tempat cuci tangan menggunakan pedal kaki dapat menarik perhatian serta membuat orang merasa aman dan nyaman.

 

 


Keywords


Tempat cuci tangan, COVID-19, cuci tangan

Full Text:

PDF

References


Dai, Nilam Fitriani. 2020. “Stigma Masyarakat Terhadap Pandemi Covid-19.” Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia Timur: 66–73.

Ibrahim I, Dkk. 2020. “Bencana Virus Corona Melalui Sosialisasi Pada Anak Usia Dini Pada Desa Rempe Kecamatan Seteluk Sumbawa Barat. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan.” 3(2): 191–95.

Karo, Marni Br. 2012. “Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat ( PHBS ) Strategi Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19.” : 1–4.

Kesehatan, Kementerian. 2020. “Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Deases (Covid-19).” Kementrian Kesehatan 5: 178. https://covid19.go.id/storage/app/media/Protokol/REV-05_Pedoman_P2_COVID-19_13_Juli_2020.pdf.

Nurul Aula, Siti Khodijah. 2020. “Peran Tokoh Agama Dalam Memutus Rantai Pandemi Covid-19 Di Media Online Indonesia.” Living Islam: Journal of Islamic Discourses 3(1): 125.

Suprapto, Rohmat et al. 2020. “Pembiasaan Cuci Tangan Yang Baik Dan Benar Pada Siswa Taman Kanak-Kanak (TK) Di Semarang.” Jurnal Surya Masyarakat 2(2): 139.


Article Metrics

Abstract view : 254 times | PDF view : 454 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 zulyadi nawir, Nur Fadhila, Sri Sri Sulastri Wahyuni, St Sulfajriani Salam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat