Pukik Bang De’ma (Kerupuk Ikan Bandeng Desa Mallusetasi): Pengelohan Ikan Bandeng sebagai Usaha Mandiri Prodak Lokal Warga Belajar Keaksaraan Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone

Marianna Renata(1*), Padli Septian(2), Muh Nur Akmal(3), Nur Asizah(4), Jusriana Jusriana(5),

(1) Mahasiswa
(2) Mahasiswa
(3) Mahasiswa
(4) Mahasiswa
(5) Mahasiswa
(*) Corresponding Author



Abstract


Kebutaaksaraan menjadi sebuah tantangan didalam sistem pendidikan dan perlu mendapat perhatian utama dari semua pihak. Pendidikan Nasional menyebutan pendidikan keaksaraan sebagai salah satu bentuk layanan pendidikan non formal ditujukan untuk mengembangkan kemampuan warga belajar yang mengalami buta aksara. Keaksaraan menekankan pada suatu kemampuan untuk dapat mengatasi suatu kondisi baru yang tercipta oleh lingkungan masyarakat khususnya diperlukan dalam rangka agar warga belajar dapat memiliki kemampuan yang bermanfaat bagi diri dan masyarakat disekitarnya. Salah satu jenis program pendidikan keaksaraan adalah program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) yang dilaksanakan oleh KKN Keaksaraan Universitas Negeri Makassar di Kecamatan Sibulue, Kabupaten Bone bertujuan meningkatkan pengetahuan dalam berwirausaha terkhusus untuk warga belajar keaksaraan. Potensi sumber daya yang ada di desa Mallusetasi yang mayoritas sebagai nelayan yaitu Ikan bandeng, sehingga menjadi inovasi KKN Keaksaraan Usaha Mandiri dalam memanfaatkan hasil perikanan dengan mengolah Ikan bandeng menjadi produk yang bernilai ekonomis. PUKIK BANG DE’MA (Kerupuk Ikan Bandeng Desa Mallusetasi) inilah yang  merupakan olahan ikan bandeng yang dibuat tidak lepas dari cita rasa yang dimiliki melalui sebuah pelatihan berwirausaha sebagai Program Pelatihan Keaksaraan Usaha Mandiri di desa Mallusetasi.

 

Kata kunci: Pelatihan Keaksaraan Usaha Mandiri, Warga Belajar, Kerupuk Ikan Bandeng


Keywords


Pelatihan Keaksaraan Usaha Mandiri, Warga Belajar, Kerupuk Ikan Bandeng

Full Text:

PDF

References


Hutapea, T. P. H., Imra, I. P., & Wiharyanto, D. P. (2018). Pelatihan Diversifikasi Pemanfaatan Ikan Bandeng Laki (Elops Hawaiensis) Menjadi Produk Bergizi Dan Bernilai Ekonomis Di Kelurahan Karang Rejo Kota Tarakan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 2(2), 58-62.

Nurzaman, Y., & Widiastuti, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Wirausaha Melalui Pelatihan Life Skill Tata Boga Bagi Warga Belajar Keaksaraan (Studi Kasus Di Pkbm Srikandi Kota Cimahi). Comm-Edu (Community Education Journal), 2(3), 202-209.

Patra, A. D. A. (2017). Pengolahan Ikan Bandeng (Chanos-Chanos) Cabut Duri. Resona: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Vatria, B. (2018). Pengolahan Ikan Bandeng (Chanos-Chanos) Tanpa Duri. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Rekayasa. 18-19

William J. Stanton, (1978). Fundamentals Of Marketing, Edisi Kelima. Kogakhusa: Mc Graw-Hill Tokyo

Zimmerer, T. W., Scarborough, N. M., & Wilson, D. (2008). Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat, 85.


Article Metrics

Abstract view : 248 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Marianna Renata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat