Peningkatan Pengetahuan Pengelolaan Usaha Keripik Singkong Sibulue ( SIKASI ) Terhadap Warga Belajar Keaksaraan di Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone

Ainun Oktaviani(1*), Muh. Irzal Sultan(2), Wirda Mustafa(3), Nahda Niar(4), Sahriani Sahriani(5), Andi Muhammad Askar(6), Erwin Ardiansyah(7), Muhammad Hasim S(8),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(8) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Desa Cinnong termasuk salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Sibulue, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Desa tersebut merupakan salah satu desa yang mengandalkan singkong sebagai salah satu hasil pertanian di Kecamatan Sibulue. Kami melihat bahwa masyarakat di Desa Cinnong memiliki potensi untuk mengolah tanaman singkong menjadi produk yang lebih bernilai ekonomis. Melihat kondisi saat ini yaitu dimasa pandemi COVID-19 tentu membatasi kami dalam beraktivitas, namun tidak mengurung semangat kami dalam mengabdi di kecamatan Sibulue. Dengan demikian kami berdiskusi dengan  masyarakat asli di desa tersebut untuk mengetahui apa permasalahan masyarakat di desa tersebut sehingga potensi yang ada belum bisa dikembangkan. Permasalahan yang ada di desa tersebut, yaitu kurangnya wawasan atau pemahaman tentang bagaimana melihat peluang usaha yang bisa dikembangkan atau kurangnya pemahaman tentang cara berwirausaha, dan permasalahan yang lain yaitu rendahnya harga jual singkong karena persaingan antar petani singkong untuk mendapatkan pembeli. Maka dari itu KKN Pendidikan Keaksaraan Usaha Mandiri dengan Dosen Pembimbing Bapak Muhammad Hasim S., S.Pd., M.Pd, kali ini selain bertujuan memberantas buta aksara juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dalam berwirausaha terkhusus untuk warga belajar keaksaraan. Didalam pelatihan kewirausahaan kecematan Sibulue ada empat produk untuk diberikan pelatihan kepada warga belajar yaitu keripik pisang, keripik singkong, kerupuk ikan dan baje.

 

Kata kunci: Pengelolaan, Warga Belajar, Keripik Singkong.


Keywords


Pengelolaan, Warga Belajar, Keripik Singkong

Full Text:

PDF

References


Feliana, F., Laenggeng, A. H., & Dhafir, F. (2014). Kandungan Gizi Dua Jenis Varietas Singkong (Manihot esculenta) Berdasarkan Umur Panen Di Desa Siney Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong. E-JIP BIOL, 2(3).

Imelda, I., & Aritonang, M. (n.d.). Peningkatan Kapasitas Produksi dan Manajemen Usaha Pada UKM Keripik Singkong di Kecamatan Rasau Jaya. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services, 1(2), 33–42.

Jamal, J., Lewi, L., & Suwasti, S. (2019). Pengabdian Kepada Masyarakat Berupa Pengolahan Singkong Menjadi Kripik Untuk Kelompok Petani Singkong. Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M), 309–313.

Muntoha, Jamroni, & Riska, U. U. (2015). Pelatihan pemanfaatan dan pengolahan singkong menjadi makanan ringan tela rasa. Inovasi Dan Kewirausahaan, 4(3), 188–193.

Rayyandini, K., Banuwa, I. S., & Afandi, A. (2017). Pengaruh Sistem Olah Tanah dan Pemberian Herbisida Terhadap Aliran Permukaan dan Erosi pada Fase Generatif Pertanaman Singkong (Manihot utilissima) Musim Tanam Ke-2. Jurnal Agrotek Tropika, 5(1).

Sulaiman, R., Helmud, E., Sudjikianto, H., & Kurniawan, F. (2020). Pelatihan Pembuatan Keripik Singkong dan Pemanfaatan Sosial Media Untuk Pemasaran Produk Industri Rumahan Pada Bumdes Desa Teru. 1(1), 48–55


Article Metrics

Abstract view : 144 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ainun Oktaviani, Muh. Irzal Sultan, Wirda Mustafa, Nahda Niar, Sahriani Sahriani, Andi Muhammad Askar, Erwin Ardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat