Pembenahan Kampung Sehat Kel. Jagong Kec.Pangkajene Kab. Pangkep

Fitriawati Aufiyazzahrah(1*), Nur Azira Azis(2), Nita Harnita Arifin(3), Hasniati HM(4), Rahmat Ramadhoni(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kesehatan menjadi sorotan paling tajam saat ini karena pembangunan kesehatan merupakan salah satu kunci yang mempengaruhi pembangunan sektor lain. Kesehatan merupakan kebutuhan manusia paling utama dan menjadi prioritas mendasar bagi kehidupan. Masih banyaknya kasus terkait tentang kesehatan yang terjadi di negeri ini juga menjadi faktor utama mengapa kesehatan menjadi pekerjaan rumah yang sangat penting dalam pemerintahan.

Metode kegiatan yang dilakukan dimulai dengan tahap observasi, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil yang di dapatkan adalah perlu dilakukan pembenahan karena ditemukan tumpukan sampah yang sangat banyak di sekitar pinggiran sungai, hal tersebut terjadi karena tidak adanya petugas kebersihan setempat yang mengangkut sampah-sampah masyarakat. Oleh karena itu masyarakat setempat berinisiatif untuk membuang sampahnya di sungai.

Pelaksanaan pembenahan tersebut dilakukan secara bergotong royong dengan melibatkan masyarakat setempat dan berkordinasi dengan petugas kebersihan daerah setempat. Hal yang sangat ditekankan pada pembenahan ini adalah kesehatan. Dengan adanya pembenahan tersebut, diharapkan kepada masyarakat untuk lebih menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

 

 


Keywords


Pembenahan, Kampung sehat dan Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Amos Neolaka. 2008. Kesadaran Lingkungan. Jakarta: PT. Rineka Cipta dan Jamanti.

Hendri Hadiyanto. 2016. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Tatanan Keluarga Di Posdaya Al- Fadillah. Jurnal Surya: Seri Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 2.

https://www.walhi.or.id/wp-content/uploads/2018/07/uu-32-tahun-2009-ttg-Perlindungan-Dan-Pengelolaan-Lingkungan-Hidup.pdf

https://www.seputarpengetahuan.co.id/2016/11/4-pengertian-kesehatan-lingkungan-menurut-para-ahli-dan-tujuannya.html


Article Metrics

Abstract view : 11 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fitriawati Aufiyazzahrah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat