Optimalisasi Layanan Perpustakaan melalui Program Tata Kelola di Perpustakaan Sekolah SDN 25 Mattirowalie

Nurfitrah Ramadhani Alamsyah(1*), Muhammad Faisal(2), Sri Yulisnaeni(3), Nurfitrah Ramadhani Alamsyah(4), Kasma Kasma(5), Muhammad Paisal(6), Amaliah Dwi Cahyani(7), Muhammad Said(8),

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(6) 
(7) 
(8) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Perpustakaan merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa, oleh karena itu setiap sekolah diharuskan memiliki perpustakaan yang dapat menumbuhkan minat baca setiap siswanya.  SDN 25 Mattirowalie merupakan salah satu sekolah yang ada di kabupaten Bone yang memiliki perpustakaan dengan jumlah bahan bacaan yang cukup memadai dan kondisi ruangan yang cukup baik  namun masih perlu dilakukan pembenahan pada tata kelolanya guna dapat mewujudkan perpustakaan sesuai dengan fungsinya, Oleh karena itu pengoptimalan perpustakaan melalui pengelolaan tata kelola perlu dilakukan agar terwujudnya perpustakaan yang lebih baik , sehingga minat baca pada siswa dapat meningkat. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini dengan pemaparan bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan di perpustakaan pada seminar program kerja, kemudian dilanjutkan dengan pendataan buku perpustakaan dan  pemberian nomor buku perpustakaan, setelah itu dilakukan penyusunan buku sesuai dengan klasifikasi. Langkah selanjutnya yakni  pengadaan buku induk perpustakaan, buku tamu perpustakaan, dan buku daftar peminjaman perpustakaan serta kartu tanda anggota. Setelah optimalisasi tata kelola perpustakaan telah dilakukan selanjutnya, diadakan penataan kembali perpustaakaan yakni pengecetan sarana dan prasana perpustakaan dan pembuatan pojok baca.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 173 times | PDF view : 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurfitrah Ramadhani Alamsyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat