Webinar Pelatihan Media Pembelajaran di Masa Covid 19

Latifah Asmil Fauzi(1), Dian Aulia Inzani(2), Sri Ashrini AR(3*), Muh Syukur(4), Muh Rahmat(5), Muh Sofyan(6), Nur Halisa(7),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas negeri makassar
(5) Universitas negeri makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak: Masa Epidemi virus Covid 19 memaksa perubahan perilaku manusia, terutama interaksi antara manusia untuk mengurangi dampak penyebaran virus ini. Sosial distancing yang mengharuskan setiap sekolah untuk mengatur jarak sosial berakibat banyak pada proses pembelajaran di sekolah maupun di perguruan tinggi. Tatap muka dalam kelas tidak dapat dilakukan, sehingga digantikan dengan pembelajaran dalam jaringan atau daring. Hal ini menuntut pendidik untuk mampu menguasai berbagai media pembelajaran yang bertujuan untuk memberikan metode ataupun model pembelajaran yang lebih kreatif dan bervariasi. Menyikapi hal tersebut, Mahasiswa KKN PPL Universitas Negeri Makassar melaksanakan webinar pelatihan media pembelajaran dalam hal ini cara mudah untuk membuat video pembelajaran yang interaktif menggunakan Edupuzle dan aplikasi Canva. Pelatihan ini dilakukan untuk membantu pendidik dalam membuat konten video kreatif sebagai bahan pengajaran yang lebih bervariasi dan tentunya agar membuat siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran secara online di masa epidemi virus Covid 19 ini.

Kata Kunci: Pelatihan, Media pembelajaran, Covid-19 

Abstrack: The Covid 19 virus epidemic period forced changes in human behaviour, especially interactions between humans to reduce the impact of the spread of this virus. Sosial distancing, which requires every human being t manage sosial distence, has a lot of impact on the learning process at school and in college. Face to face directly in the classroom cannot be done, so it is replaced by online learning. This requires educators to be able to master various learning media which aim to provide more creative and varied learning methods or models. In response to this, we conducted a instructional media training webinar in this case an easy way to make interactive learning videos using Edupuzle and the Canva application. This training was conducted to assist educators in making creative video content as a more varied teaching material and of course so that students did not feel bored in participating in online learning during the Covid 19 epidemic.

Keywords: Training, Learning Media, Covid 19

 

 

 


Keywords


Pelatihan, media pembelajaran, Covid 19

Full Text:

PDF

References


Atsani, L.G.M.Z. 2020. Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Studi Islam, 1(1), 87-89.

Dewi, W.A.F. 2020. Dampak Covid 19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal ilmu pendidikan. Vol.2, No.1.

Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65.

Safarati, N., Rahma, Fatimah., Sharfina. 2020. Pelatihan Inovasi Pembelajaran Menghadapi Masa Pandemi Covid-19. Communnity Development Journal. Vol 1, No. 3.

Siagian, T.H. 2020. Mencari Kelompok Berisiko Tinggi Terinfeksi Virus Corona Dengan Dicourse network analysis. Jurnal kebaikan kesehatan indonesia.

Sibero, A., Manurung, I., Sitanggang, R. 2020. Pelatihan Penggunaan Google Classroom


Article Metrics

Abstract view : 587 times | PDF view : 488 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Latifah Asmil Fauzi, Dian Aulia Inzani, Sri Ashrini AR, Muh Syukur, Muh Rahmat, Muh Sofyan, Nur Halisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat