Optimalisasi Pengelolaan Laboratorium (Laboratory Management) sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kinerja Pengelolaan dan Penggunaan Laboratorium Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar

Uswatun Nisa(1*), Sukmawati Sukmawati(2), Syamsidar Syamsidar(3), Indah Sari(4), Auliah Auliah(5), Nurhayani H. Muhiddin(6),

(1) Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Makassar
(4) Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Makassar
(5) Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Makassar
(6) Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar merupakan salah satu program studi yang beberapa proses pembelajarannya mengkombinasikan antara proses pembelajaran di kelas dan praktikum di laboratorium. Laboratorium Pendidikan IPA sudah dikelola dengan baik, namun dirasa sangat perlu untuk melakukan optimaliasasi terhadap pengelolaan laboratorium IPA. Untuk itulah penulis melakukan pengabdian melalui kegiatan KKN-DRDK yang dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan IPA UNM dengan tujuan untuk membenahi berbagai hal yang dianggap perlu seperti database alat dan bahan praktikum, kode alat dan bahan praktikum, arsip panduan dan nilai praktikum, alat yang sudah tidak layak pakai dan alat peraga IPA. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan pula nantinya akan meningkatkan kinerja pengelolaan laboratorium yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pemeliharaan, dan pengawasan serta meningkatkan penggunaan laboratorium dalam proses pembelajaran. Program pengabdian yang dilakukan ini beupa kegiatan optimalisasi pengelolaan laboratorium (laboratory management) untuk meningkatkan kinerja pengelolaan dan penggunaan laboratorium Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar. Metode yang digunakan meliputi tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan,  dan tahapan evaluasi pelaksanaan. Hasil yang dicapai pada kegiatan ini adalah. berupa  terlaksananya pembenahan berbagai hal yang dianggap perlu seperti database alat dan bahan praktikum, kode alat dan bahan praktikum, arsip panduan dan nilai praktikum, alat yang sudah tidak layak pakai dan alat peraga IPA.

 


Keywords


Optimalisasi; Pengelolaan; Laboratorium; Praktikum

Full Text:

PDF

References


Astuti, R. (2020). Manajemen Laboratorium yang Cerdas, Cermat, dan Selamat. Sukabumi: CV Jejak, Anggota IKAPI.

Maharani, R. I., & Sasi, F. A. (2019). Analisis Cek List Bahan Laboratorium di Laboratorium Biologi FMIPA UNNES. Jurna Teknologi dan Manajemen Pengelolaan Laboratorium (Temapela). 2, 38-45.

Nahdiyaturrahmah, Pujani, N., & Selamet, K. (2020). Pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI). 3, 118-129.

Permendikbud Nomor 40 Tahun 2008 tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan(SMK/MAK) Permendikbud Nomor 26 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/Madrasah

Rasyid, H. A., & Nasir, R. (2020). Mengelola Laboratorium IPA Sekolah. Klaten: Lakeisha Anggota IKAPI.


Article Metrics

Abstract view : 1020 times | PDF view : 1748 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Uswatun Nisa, Sukmawati Sukmawati, Syamsidar Syamsidar, Indah Sari, Auliah Auliah, Nurhayani H. Muhiddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat