Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Materi Sistem Pencernaan Manusia

Siti Darmi Amir(1*), Jannatul Ma’wa(2), Nur Hikmah Umar(3), Sri Rahmiati(4), Nurhayani H. Muhiddin(5),

(1) Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Makassar
(4) Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Makassar
(5) Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan yang umumnya terjadi pada peserta didik SMP adalah kurangnya pemahaman materi yang bersifat abstrak dan tidak dapat diamati secara langsung. Hal ini juga dipengaruhi oleh sarana dan prasarana pembelajaran yang belum mendukung. Keterbatasan penyajian contoh-contoh materi tentang sistem pencernaan dalam buku juga menjadi salah faktor kurangnya pemahaman peserta didik pada materi sistem pencernaan. Oleh karena itu, dikembangkanlah sebuah media pembelajaran audiovisual yang berupa animasi berbahasa Indonesia pada materi sistem pencernaan manusia. Video yang dikembangkan diharapkan memberikan manfaat kepada peserta didik dalam meningkatkan pengetahuan pada proses pencernaan dan implementasi sistem pencernaan pada manusia.Dengan tampilan animasi pada video pembelajaran yang dikembangkan diharapkan menarik minat peserta didik dalam mempelajari materi sistem pencernaan manusia yang dikemas mirip dengan mekanisme kerja tubuh yang sebenarnya.


Full Text:

PDF

References


Fadlilah, A. N. 2020. Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5 No 1.

Falahudin, I. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(2), 402- 416.

Handhika, J. 2012. Efektivitas Media Pembelajaran Im3 Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol 1. No 2.

Sulfemi, W. B. 2018. Penggunaan Metode Demontrasi Dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendas Mahakam. vol 3 No 2.

Suprihatin, S. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Vol 3. No.1.


Article Metrics

Abstract view : 476 times | PDF view : 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siti Darmi Amir, Jannatul Ma’wa, Nur Hikmah Umar, Sri Rahmiati, Nurhayani H. Muhiddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat