Pembuatan Taman Baca untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di SD Negeri 184 Palambarae

Lilis Juita(1*), Nurul Asma(2),

(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Salah satu permasalahan masyarakat di desa Palambarae, kecematan Gantarang, Kabupaten Bulukumba adalah rendahnya minat baca anak-anak sekolah. Salah satu program yang dilaksanakan di SDN 184 Palambarae adalah pembuatan Taman Baca. Siswa akan termotivasi untuk membaca jika ditunjang oleh buku, lingkungan yang ditata dengan menarik. Oleh karena itu perlu adanya suatu taman baca dalam lingkungan sekolah. Pengadaan taman baca memiliki tujuan untuk menegetahui minat baca siswa SD Negeri 184 Palambarae. Siswa akan jenuh ketika hanya membaca pada sebatas ruangan, misalnya di perpustakaan. Oleh karena itu untuk meningkatkan minat baca siswa perlu dirancang dan dibuat sebuah tempat baca yang berada di luar ruangan yakni taman baca. Pembuatan taman baca ini dapat meningkatkan minat baca siswa dengan melihat aspek banyaknya siswa yang berkunjung membaca, menyadari pentingnya membaca untuk menunjang proses pembelajaran.


Keywords


Taman Baca, Minat Baca

Full Text:

PDF

References


Dwiyantoro. (2019). Peran Taman Baca Masyarakat Mata Aksara dalam Menumbuhkan Minat Baca Pada Masyarakat. PT Chevron Pacific Indonesia: Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan.

Gani Nur Pramudyo, d. (2018). Inovasi Kegiatan Taman Bacaan Masyarakat. Lentera Pustaka .

Rini Rahayu, N. W. (2018). Upaya Pengelolaan Taman Baca Masyarakat dalam Memperkuat Minat Membaca. IKIP Siliwangi: Comm-Edu.

Sitepu, B. P. (2012). Pengembangan Taman Baca Masyarakat Sebagai Sumber Belajar. FIP Universitas Negeri Jakarta: Jurnal Ilmiah VISI P2TK Paud.


Article Metrics

Abstract view : 611 times | PDF view : 819 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lilis Juita, Nurul Asma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat