Budidaya Hidroponik Perpaduan Wyck System dan Nutrient Film Technique (NFT) dengan Media Rockwool

Yuliani Yuliani(1*), Muhammad Aqil Rusli(2), Salma Samputri(3), Muhammad Hilmy Afiq(4), Nida Alfiah Khazanah(5), Hajrah Hajrah(6),

(1) Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(4) Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(5) Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(6) Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Membuat program kerja dalam menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan tuntutan bagi mahasiswa yang telah menjalani perkuliahan dan ingin mengaplikasikannya. Salah satu program kerja yang dijalankan pada KKN-DRDK PRODI IPA yaitu membuat dan menjalankan Hidroponik. Hidroponik adalah  model bercocok tanam yang tidak membutuhkan tanah sebagai media tanam dan tidak perlu lahan yang luas. Hidroponik menjadi alternative pilihan untuk bercocok tanam dengan lahan yang tidak luas dan hasilnyadapat dikonsumsi setiap harinya. Metode yang digunakan pada hidroponik yang dibuat yaitu perpaduan antara wyck system dan Nutrient Film Technique (NFT). Hidroponik yang dibuat pula diberi tambahan design dengan mempunyai dua tendon yaitu tendon untuk nutrisi dan tendon untuk menjaga kestabilan  air yang masuk kepipa. Adapun hasil panen yang didapatkan menghasilkan sayuran yang berkualitas dengan nutrisi yang tinggi sesuai dengan perawatan yang diberikan. Dengan demikian hidroponik yang dibuat ini sangat efisien untuk menanam sayuran dan dapat dikonsumsi bagi masyarakat dikampus khususnya mahasiswa dan dosen.


Full Text:

PDF

References


Alfiani, P. 2015. Bertanam Hidroponik untuk Pemula. Jakarta: Bibit Publisher.

Herwibowo, K.. dan Budiana, N. 2014. Hidroponik Sayuran. Jakarta Timur: Penebar Swadaya.

Natalia, M., Hamid, D., dan Hidayati, R. 2020. Budidaya hidroponik sistem wick dengan media rockwool. Jurnal Pengabdian dan Pembangunan Masyarakat PNP, 2.

Putra, R. M. B., dkk. 2020. Penanaman hidroponik dengan NFT yang memanfaatkan limbah Air Conditioner (AC) di komplek PLN Petemon, Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya. Jurnal Abdi Bhayangkara UBHARA Surabaya, 2.

Setiawan, H. 2017. Kiat Sukses Budidaya Cabai Hidroponik. Yogyakarta : Bio Genesis.

Sutanto, T. 2015. Rahasia Sukses Budi Daya Tanaman Dengan Metode Hidroponik. Depok : Publisher.

Swastika. S., Ade, Y., Yogo, S. 2017. Budidaya Sayuran Hidroponik (Bertanam Tampa Tanah). Riau : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian.

Yuliantika, I., dan Dewi, N. K. 2017. Efektifitas media tanam dan nutrisi organic dengan sistem hidroponik wick pada tanaman sawi hijau (Brassica juncea L.). Prosiding Seminar Nasional Simbiosis II.


Article Metrics

Abstract view : 604 times | PDF view : 574 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yuliani Yuliani, Muhammad Aqil Rusli, Salma Samputri, Muhammad Hilmy Afiq, Nida Alfiah Khazanah, Hajrah Hajrah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat