Penyuluhan dan Pemanfaatan Green House sebagai Sarana Belajar Siswa serta Memperindah Lingkungan Sekolah di SD Neg. 160 Tarampang

Elma Yunita(1*), Finka Sari Ramdayani(2), Alfin Mansyur(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Program ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan dan menumbuhkan simpati bagi komunitas sekolah terhadap lingkungan,serta mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan. KementerianLingkungan Hidup menyelenggarakan program Adiwiyata. Salah satu sasaran program tersebut adalah sekolah. Lingkungan sekolah merupakan sarana pembelajaran bagi siswa yang merupakan generasi penerus. Sekolah sangat penting untuk melaksanakan program Adiwiyata. Salah satu upaya sekolah untuk mendukung program Adiwiyata adalah dengan membangun rumah kaca. Keberadaan green house di sekolah dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran khususnya untuk pembelajaran biologi untuk praktikum dan mengajak siswa untuk mengenal, mencintai, dan melestarikan lingkungan.


Full Text:

PDF

References


Alahuddin, M., A. Topan, Wahida, D. D. Sarkol dan Didik. 2013. Evaluasi Kondisi Ternal Bangunan Greenhouse dengan Material Atap Polycarbonat. Jurnal Pertanian, 3 (1):26-42.

Djamarah dan Aswar Zain. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hariadi, T. K. 2007. Sistem Pengendali Suhu, Kelembaban, dan Cahaya dalam Rumah Kaca. Jurnal Ilmiah Semesta Teknik, 10 (1): 82-93.

Hasbullah. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (Umum dan Agama Islam). Jakarta: Rajawali Pers.

Morib, M, A. 2012. Kelayakan Bangunan Rumah Tinggsl Sederhana (Setengah Bata) Terhadap Kerusakan Akibat Gempat. Majalah Ilmiah UKRIM, Edisi 1/ th XVII/2012, 67-74.

Lingga, Pinus. 1997. Hidroponik Bercocok Tanam Tanpa Tanah. Jakarta: Penebar Swadaya Slameto. 2003. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 90 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Elma Yunita, Finka Sari Ramdayani, Alfin Mansyur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat