Pengadaan Poster Edukasi dan Apotik Hidup sebagai Upaya Pencegahan Virus Covid-19 Di SMP Negeri 5 Angkona

Rika Meliana(1*), Jodi Fitrianto(2),

(1) Mahasiswa
(2) Mahasiswa
(*) Corresponding Author



Abstract


Pencegahan virus Covid-19 sangat penting dilakukan mengingat jumlah pasien yang terindikasi tiap harinya kian bertambah. Namun, karena kesadaran masyarakat yang masih rendah, tidak sedikit masyarakat yang menyepelekan dan tidak mengindahkan anjuran protokol kesehatan yang wajib ditaati oleh tiap warga masyarakat. Hal ini juga terjadi di SMP Negeri 5 Angkona. Siswa jarang ada yang menggunakan masker atau menjaga jarak saat berada di sekolah, oleh karenanya dibutuhkan edukasi tentang bagaimana bahayanya virus Covid-19 tersebut. Dengan munculnya permasalahan terebut, maka solusi yang dihadirkan adalah dengan membuat poster-poster kemudian menempelkannya di lingkungan sekolah yan diharapkan menjadi bahan bacaan para siswa sehingga mampu meningkatkan kesadaran terhadap virus Covid-19. Selain itu solusi lain adalah pengadaan apotik hidup yang dapat membantu mengenalkan kepada warga sekolah apa saja tanaman-tanaman herbal yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemic seperti sekarang ini. Hasil dari rangkaian kegiatan ini adalah warga masyarakat utamanya siswa menjadi paham dan sadar bahwa virus Covid-19 ini sangat berbahaya dan harus dilawan dengan sangat baik.

 

Kata Kunci : Pencegahan, Pandemi, Covid-19, Apotik Hidup, Poster


Keywords


Indonesia

Full Text:

PDF

References


Anasari, F., Suyatno, A., & Astuti, I. F. (2016). Sistem Pelaporan Terpadu Kuliah Kerja Nyata Berbasis Digital (Studi Kasus: Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mulawarman). Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 10(1), 11-19.

Covid19.go.id. (2020). Situasi Virus Covid-19 di Indonesia. Di akses pada 2 Desember 2020 dari https://covid19.go.id/

Covid19.luwutimurkab.go.id. (2020). Luwu Timur Tanggap Covid-19. Di akses pada 2 Desember 2020 dari http://covid19.luwutimurkab.go.id/

Purnamasari, I., & Raharyani, A. E. (2020). Tingkat Pengetahuan Dan Perilaku Masyarakat Kabupaten Wonosobo Tentang Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 10(1), 33-42.


Article Metrics

Abstract view : 43 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rika Meliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat