Pelatihan Pembuatan Sate dari Jantung Pisang

Nur Israyani(1*), Videlia Thiofani(2), Sri Rayahu Mutmainnah(3), Ahmad Fudail Majid(4), Sulfatli Sulfatli(5), Bunaiyah Bunaiyah(6),

(1) Universitas negeri Makassar
(2) Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(3) Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(4) Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(5) Seni Rupa, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar
(6) Seni Rupa, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK
Pelatihan pembuatan sate jantung pisang merupakan pelatihan yang ditujukan untuk ibu rumah tangga, untuk menambah wawasan kreativitas. Jantung pisang banyak ditemukan di Lokasi KKN Desa Kanawatu dan hanya diolah sebagai sayur bahkan menjadi limbah saja. Padahal, jantung pisang bisa diolah menjadi sate jantung pisang sebagai pengganti sate daging yang tidak terlalu baik untuk kesehatan kita. Selain itu, bisa menjadi peluang usaha untuk membantu perekonomian keluarga. Program kerja ini dilaksanakan di Kantor Desa Kanawatu setelah rapat ibu-ibu PKK, tujuannya agar banyaknya peserta pelatihan yang hadir. Sekitar 35 orang ibu-ibu yang menghadiri pelatihan ini, partisipasi dari ibu-ibu sangat mendukung dan rasa penasaran mereka untuk mengetahui pengolahan sate jantung pisang ini. Hasil dari program kerja ini adalah ibu-ibu sudah mengetahui cara mengolah sate jantung pisang ini serta manfaat jantung pisang bagi kesehatan.


Keywords


keterampilan, pelatihan, kesehatan, sate jantung pisang

Full Text:

PDF

References


Ayu Isti Prabandari, 2020. 10 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan, https://.merdeka.com/jateng/10-manfaat-jantung-pisang-untuk-kesehatan-bisa-atasi-diabetes-kln.html, 27 November 2020.

Ayu Maharani, 2020. Lebih Bahaya Bakar Sate Kambing Sampai Gosong atau Setengah Matang, https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3642135/lebih-bahaya-bakar-sate-kambing-sampai-gosong-atau-setengah-matang. 24 November 2020.

Education Community, 2015. Program Pelatihan untuk Ibu Rumah Tangga, Journal Of Nonformal Education and Community Empowerment, 4 (1).

Iveta Rahmalia, 2020. Meski Enak Dijadikan Makan Malam, Ternyata Makan Sate Bisa Picu Berbagai Penyakit Berbahaya, https://bobo.grid.id/amp/081987072/meski-enak-dijadikan-makan-malam-ternyata-makan-sate-bisa-picu-berbagai-penyakit-berbahaya, 23 November 2020.


Article Metrics

Abstract view : 170 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Israyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat