Penataan Ruang Kelas Yang Sesuai Dengan Aktivitas Belajar

Asri Yusri(1*), Rini Yuniarti Rustan(2), Sry wahyuni(3), Nur Suciyanti(4), Anwar Gafur(5),

(1) Mahasiswa
(2) Mahasiswa
(3) Mahasiswa
(4) Mahasiswa
(5) Mahasiswa
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK
Permasalahan utama Ruang Aktivitas Perkuliahan terkait ruang kelasnya adalah bagaimana mengoptimalkan sumber daya ruang yang tersedia agar dapat menjadi wadah yang akomodatif bagi kegiatan perkuliahan. Hal ini merupakan salah satu faktor yang mendukung keberhasilan program perkuliahan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyediakan ruang yang sesuai dengan kegiatan perkuliahan. Ruang Aktivitas Perkuliahan hanya memiliki 5 ruang kelas permanen, sedangkan 1 ruang disekat untuk 2 kelas dan juga digunakan untuk ruang pertemuan. Daya tampung kelas terlalu kecil untuk jumlah mahasiswa yang diwadahi. Dari hasil analisis dan sesuai dengan program perkuliahan, disusun ruang menurut sentra-sentra, yaitu: sentra dramatik, sentra bahan alam, sentra balok, sentra persiapan, dan lain-lain. Zonazona ini disusun dengan memanfaatkan ruang yang tersedia secara optimal. Satu zona dapat digunakan oleh beberapa kelas secara bersama-sama, atau digunakan dalam waktu yang berbeda. Sifat ruangnya fleksibel, sehingga dalam waktu dan kegiatan yang berbeda, ruang tersebut dapat diubah tatanannya untuk kegiatan dengan sifat zona yang berbeda.

Kata kunci: penataan, ruang kelas, perkuliahan


Keywords


Penataan, ruang kelas, perkuliahan

Full Text:

PDF

References


Widyarani, Diana. 2011. Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Pembelajaran Efektif pada Mata Pelajaran IPS Diunduh 29/7/ 2016. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/DIANWIDYARANI-FITK.pdf.


Article Metrics

Abstract view : 38 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Asri Yusri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat