Pengembangan Materi dan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Jurusan Geografi FMIPA UNM

Muh. Asrul Ihsan(1*), Irfandiwijaya Mus(2), Sarwan Harun(3), Fembriyanti Novela Sary(4), Wildi Winarti(5), Nur Annisa(6),

(1) Jurusan Geografi, FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Geografi, FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Geografi, FMIPA Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Geografi, FMIPA Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Geografi, FMIPA Universitas Negeri Makassar
(6) Jurusan Geografi, FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pengembangan materi dan media pembelajaran semakin meningkat. Dengan adanya pandemi covid-19 proses pembelajaran di lakukan di rumah sehingga media pembelajaran berbasis teknologi yang digunakan salah satunya adalah e-learning. Tujuan diakukan pengabdian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis e-learning. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tiga kegiatan utama, yaitu mengembangkan konsep atau ide yang didapat setelah melakukan identifikasi dalam bentuk teori, pelatihan dalam hal terjun langsung kelapangan menggunakan alat survey sebagai media yang digunakan, dan melakukan analisis data sebagaimana hasil dari perolehan data dari lapangan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D). Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran dalam bentuk video dan power point sebagai materi dan media pembelajaran berbasis e-learning. Dampak yang diperoleh adalah meningkatkan motivasi belajar Mahasiswa Jurusan Geografi.


Keywords


Materi, Media Pembelajaran, E-Learning

Full Text:

PDF

References


Budiman, Aris., dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada SMK di Pontianak. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi,2(2), 133-139.

Dalu, Zaudah Cyly Arrum., & Rohman, Mojibur. (2019). Pengembangan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital bagi Siswa SMK. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 4(1), 25-33.

Febryana, Eka., & Pudjiastuti., Heni. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Menggunakan Chamilo Pada Pembelajaran Segitiga dan Segiempat. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 8, 265-276.

Ferdiansyah., dkk. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 21(1), 62-72.

Khoir, Hamdi Muhammad., dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E- Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPenSil), 9(1), 54-60.


Article Metrics

Abstract view : 176 times | PDF view : 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muh. Asrul Ihsan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat