Pelatihan Dasar-Dasar Hidroponik dengan Memanfaatkan Limbah Plastik di Desa Batugading Kecamatan Mare’ Kabupaten Bone

Awaluddin Muin(1*), Muhammad Ainun Chaer(2), Muhammad As’Ari(3), A. Fintaria Ahmad(4), Muhammad Ilyas(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pandemi COVID’19 menuntuk kita untuk lebih banyak beraktifitas dirumah, hal ini bertujuan untuk  mengurangi penyebaran virus corona yang terus bertambah setiap harinya namun demikian berkurangnya aktifitas diluar rumah menyebabkan masyarakat kurang produktif. Mahasiswa KKN reguler UNM angkatan XLIII yang bertempat di desa Batugading kecamatan Mare kabupaten Bone berinisiatif untuk memberikan edukasi agar masyarakat dapat tetap prduktif ditengah pandemi yaitu dengan memberikan pengetahuaan tentang tehnik menanam yang dapat dilakukan dirumah yaitu hidroponik. Hidroponuik juga merupakan salah satu program yang ditawarkan oleh LP2M UNM untuk dapat diterapkan dimasyarakat saat ini. Selain itu mahasiswa KKN juga melihat banyaknya sampah plastik yang tidak difungsikan dengan baik sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan, maka dari itu kami berinisiatif untuk mengadakan seminar dan pelatihan pembuatan hidroponik dengan memanfaatkan botol plastik sebagai media tanamnya kegiatan ini diharpkan dapat membuat membuat produktifitas masyarakat meningkat, karena masyarakat dapat bertanam dirumah, dan masyarakat mendapatkan sayuran segar dari hasil menanam sendiri.


Full Text:

PDF

References


Nurdin. (2018). Laporan pengabdian kepada masyarakat pelatihan sistem pertanian hidroponik pada skala rumah tangga di kelurahan dutulanaa kabupaten gorontalo. 1–31.

Permadi, H., Wardhani, I. S., & Nastiti, N. De. (n.d.). WORKSHOP PEMBUATAN HIDROPONIK WICK SYSTEM media air yang mengandung nutrisi ( Roidah , 2015 ). Hidroponik semakin.

Solikhah, B., Suryarini, T., & Wahyudin, A. (2019). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan Hidroponik. Jurnal Abdimas, 22(2), 121–128.

Sukirman, A. S., Abidin, D., Hairuddin, N. H., Jayadi, M., Akuntansi, J., Negeri, P., & Pandang, U. (2020). Prosiding 4. 300–305.


Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Awaluddin Muin, Muhammad Ainun Chaer, Muhammad As’Ari, A. Fintaria Ahmad, Muhammad Ilyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat