Sipakamacca Sebagai pembelajaran Motivasi pada Anak Usia Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid 19 di Kelurahan Bonto Manai Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng

Nursaddang Al Ashar(1*), La Sunra(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Covid 19 saat ini telah menjajah negara indonesia, dimana penyebaran penyakit tersebut sangat cepat. salah satu sektor yang terdampak adanya wabah ini adalah dunia Pendidikan. Kemendikbud menginstruksikan untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dan menyarankan para peserta didik untuk belajar dari rumah masing-masing. Hal ini mempengaruhi minat dan motivasi siswa dalam menuntut ilmu khususnya bagi siswa Sekolah Dasar. Kami mengusulkan kegiatan pembelajaran Sipakamacca pada anak usia Sekolah Dasar di Keluurahan Bonto Manai Kabupaten Bantaeng. Tujuan utama dilaksanakannya program kerja ini adalah meningkatkan minat belajar anak-anak usia Sekolah Dasar selama pandemi  covid-19.

Keywords


Covid-19, Motivasi, Sipakamacca

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Rinneka Cipta.

Firman, Sari. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (IJES), 2 (2).

Huanepi, Dharmawibawa, Asy’ari. 2018. Pemberdayaan Kelompok Budidaya Jamur Tiram dalam Pemanfaatan Limbah Baglog menjadi Pupuk Organik. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Ilmu. 1(1).

Purwanto dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling. 2(1).

Simatupang, N.I., Sitohang, S.R., Situmorang, A.P., Simatupang, I.M. 2020. Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan: 13(2).


Article Metrics

Abstract view : 37 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nursaddang Al Ashar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat