Pemanfaatan Pekarangan Rumah

Abd Hafid(1), Arina Puspitasari(2*), Andi Ira Lestari(3), A. Kamrida(4), Arviandi Marsuki(5), Wiwi Hasjulianti(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pemanfaatan pekarangan rumah adalah salah satu program kerja KKN yang sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam membantu perekonomian dimasa pandemi Covid-19. Media tanam polybag menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mempermudah perawatan tanaman sayuran maupun jenis tanaman lainnya. Polybag dipilih karena harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan. Media tanam sangat menentukan dalam bercocok tanam karena dapat mempengaruhi hasil produksi dari tanaman.

Keywords


Program Kerja, Pemanfaatan, Pekarangan Rumah, Media Tanam, Polybag.

Full Text:

PDF

References


Diwanti, Dyah Pikanthi. (2018). Pengembangan Potensi Masyarakat melalui pemberdayaan pertanian organik. Jurnal Berdikari 6(1). Gusti, Helfi. 2013. Pengaruh penambahan sekam bakar pada media tanam terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi. E-Journal WIDYA Kesehatan Dan Lingkungan. (1), (1). Mulyandari, Retno, dkk. 2018. Aktualisasi Tegnologi Inovatif Pemanfaatan Lahan Pekarangan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Naimnule, Maria Ancila. (2016). Pengaruh takaran arang sekam dan pupuk kandang sapi terhadap pertumbuhan dan hasil kacang hijau. Jurnal Pertanian Konservasi Lahan Kering. Onggo, dkk.(2017). Pengaruh penambahan arang sekam dan ukuran polybag terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat kultivar ‘Valouro’ hasil sambung batang. Jurnal kultivasi 16.(1) Pasir, Suprianto. Hakim, Muh.Supwatul. (2014).Penyuluhan penanaman sayuran dengan media tanam polybag. Jurnal inovasi dan kewirausahaan. Suherman, dkk. 2018. Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai Yang Diberikan Pupuk Hayati Pada Pertanaman Kelapa Sawit. Jurnal Kultivasi. (17), (2). Totong, Oskar, dkk. 2016. Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Tomat Pada Berbagai Media Tumbuh dengan Interval Penyiraman Air Kelapa yang Berbeda. E-Journal Agrotekbis. (4),(6).

KESIMPULAN & SARAN

DAFTAR PUSTAKA

Zaevie, Bastianus, dkk. 2014. Respon Tanaman Kacang Panjang Terhadap Pemberian Pupuk NPK Pelangi dan Pupuk Organik Cair Nasa. Jurnal Agrifor. (13), (1). http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/80413/Pemanfaatan-Lahan-Pekarangan-TanamanSayuran/ https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/pemanfaatan-pekarangan-rumah-89#:~:text


Article Metrics

Abstract view : 464 times | PDF view : 842 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Arina Puspita Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat