Pentingnya Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini di Kelurahan Mangasa

Muh. Sauki Maulana Siming(1*), NurAzizah Sulhak Liwang(2), Ridha Kusumawardhani(3), Nur Azizah Dikastuti(4), Zulkifli Zulkifli(5), Syamsidah Syamsidah(6),

(1) Jurusan Pend. Teknik Mesin , Fakultas Teknik , Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pend. Pancasila dan Kewarganegaraan , Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pend. Bahasa Inggris , Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Pend. Bahasa Inggris , Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar
(6) Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Dalam dunia modern sekarang dan tingginya tingkat persaingan yang ada, setiap orang diharapkan tidak hanya memiliki tingkat pendidikan tinggi, namun juga dituntut keterampilan yang khusus atau biasa kita sebut “skill”. Salah satu “skill” yang saat ini dibutuhkan adalah keterampilan Berbahasa Inggris. Peranan bahasa Inggris sangat diperlukan baik dalam menguasai teknologi komunikasi maupun dalam berinteraksi secara langsung. Sebagai sarana komunikasi global, bahasa Inggris harus dikuasai secara aktif baik lisan maupun tulis.

Fokus dari kegiatan pengajaran ini adalah peningkatan minat belajar bahasa Inggris masyarakat sekitar Kelurahan Mangasa berbasis buku cerita dan alat peraga. Tujuan yang ingin dicapai adalah rangka untuk peningkatan minat belajar serta peningkatan keterampilan Bahasa Inggris (soft skill).

Beberapa metode yang digunakan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah metode tanya jawab dan diskusi untuk mengidentifikasi pengetahuan dan teknologi pendukungnya. Metode ceramah digunakan pada saat proses belajar dan pemahaman teoritis bahasa inggris.

Hasil yang dicapai adalah : 1. Masyarakat lebih memahami tentang pentingnya belajar Bahasa Inggris sejak anak-anak. 2. Anak  akan menjadi familiar terhadap bahasa Inggris. 3. Anak akan memiliki kesiapan dalam memasuki pergaulan dengan berbagai bahasa dan budaya kedepannya.

 

Kata kunci: Skill, Bahasa Inggris


Keywords


Skill, Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Sri Handayani. Pentingnya kemampuan berbahasa inggris sebagai dalam menyongsong aseancommunity 2015. Jurnal Profesi Pendidik volume 3 Nomor 1, Mei 2016 Halaman 102-106

Andini Dwi Arumsari. Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di Kecamatan Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. Volime 4. Nomor 2. Oktober 2017

Ade Irma Khairani. Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Teknik Sipil Politeknik Negeri Medan ,Desember 2013.

Partini. 2010. Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini . Yogyakarta : Grafindo Litera Media

Darmiati. 2013. Pengembangan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini Labeling Benda-Benda Di Taman Kanak-Kanak Padang. Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini.


Article Metrics

Abstract view : 1337 times | PDF view : 251 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muh. Sauki Maulana Siming

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat