Pemberdayaan Remaja Karang Taruna dan Masyarakat melalui Keterampilan Desain Grafis Guna Mengembangkan Pengetahuan dan Pemberian Informasi di Desa Mandalle Kab Pangkep

Shahiga Baiq Nurhanie(1*), Zaifah Firayanti(2), Nurul Mutmainnah(3), Ramlah Hasan(4), Zakia Dwi Utami(5), Amirah Mardhiyah Lestari(6), Juintan Pratiwi(7),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kegiatan pengabdian pada masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karang taruna mandalle. Kegiatan ini sejalan dengan Tri Dharma perguruan tinggi serta memberikan pengalaman belajar sekaligus bekerja kepada mahasiswa melalui kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat. Desa Mandalle merupakan desa yang terletak pada wilayah Kecamatan Mandalle Kabupaten Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan dengan jarak tempuh ± 90 KM sebelah Utara Kota Makassar. Ditinjau dari letak grafis desa tersebut, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai potensi untuk mengembangkan dan memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat di Desa Mandalle. Kelompok sasaran bersama Mahasiswa KKN didampingi oleh dosen pembimbing lapangan melaksanakan kegiatan KKN PPM secara bersama-sama. Kegiatan pelatihan yang dilakukan adalah penggunaan komputer dalam desain grafis. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat melalui program KKN PPM telah menambah keterampilan masyarakat dalam penggunaan komputer dalam desain grafis. 

Keywords


Pendidikan pengabdian masyarakat

Full Text:

PDF

References


Agus, D. (2008). Tampilan gambar dan pengimplementasian desain grafis, 2(3)

Anggraeni, D. (2019). Implementasi aplikasi corel draw x4 untuk desain grafis bagi perangkat desa pinanggripan kecamatan air batu ka- bupaten asahan. 2(2), 87–92.

Alit, Ronggo, C. A. P. (2018). Pemanfaatan komputer grafis menggunakan software corel draw dalam pembelajaran pembuatan poster dan spanduk. 1007–1012.


Article Metrics

Abstract view : 104 times | PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Shahiga Baiq Nurhanie

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat