Implementasi Adaptasi Teknologi Mahasiswa Kampus Mengajar di SDN 141 Cennae Kabupaten Soppeng

Nurafifah Nurafifah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v3i1.36772

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan Adaptasi Teknologi yang diterapkan Mahasiswa Kampus Mengajar di SDN 141 Cennae. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah SDN 141 Cennae, Guru Pamong Kampus Mengajar, Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 yang telah melaksanakan program Kampus Mengajar Angkatan 2 di SDN 141 Cennae. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan, analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaptasi teknologi yang diterapkan mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 2 yakni media video pembelajaran, evaluasi berbasis quizizz, pengenalan fitur-fitur laptop, dan evaluasi berbasis google forms.


Full Text:

PDF

References


Djaya, M. S. S., Wagiran, Ginting, M., Jecika, A. M.,Sunarni, R. R., Cahyono, E.,Sondang, A., Fitriana, N., WY, H. J., Silalahi, A., Sampe, M. Z., Sandi, F. A., Aryo, R., & Alfaruq, D. S. (2021). Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021. Jakarta: SubPokja Kampus Mengajar Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, https:jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/2977, (diakses 30 Juli 2022).

Falah, U. A. C., Seli, S., & Heryana, N. (2018). Analisis Konflik Tokoh Utama Dalam Novel Revered Back Karya Inggrid Sonya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (Online), Vol.11 No.1, https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/52004, (diakses 30 Juli 2022).

Khasanah, B. A., Sutriningsih, N., & Widianti, S. D. (2021). Pendampingan Adaptasi Teknologi Serta Pemanfaatannya Dalam Menanamkan Literasi Dan Numerasi Di SD 3T. LOGISTA-Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakatn.(Online),.Vol.5.No.2,.209. 215,.http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/932, (diakses 30 Juli 2022).

Selviani, D. (2022). Konsep Media pembelajaran Matematika Berbasis Video Pada Materi Pokok Lingkaran. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE) .(Online),.Vol.1.No.3,.https://jurnal.unived.ac.id/index.php/mude/article/view/3001, (diakses 17 Maret 2022).

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Livia. Jurnal Basiedu.(Online),.Vol.6.No.1,.https://ww w.jbasic.org/index.php/basicedu/article/v iew/2041, (diakses 17 Maret 2022).

Tobing, E., Junaedi, Irbath, N., Wagiran, Ginting, M., Putri, A. A., Jesica, A. M., Sunarni, R. R., Cahyono, E., hendrastomo, G., Nursa’ban, ., Sondang, A., Firiani, N., WY, H. J., Sampe, M. Z., Sandi, F. A., & Aryo, R. (2022). Buku panduan Kampus Mengajar Angkatan 3 tahun 2022. Jakarta: Direktorat pembelajaran dan kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementrian pedidikan dan kebudayaan riset dan teknologi.

Togatorop, F., Banjarnahor, D. N., & Saragih, D. Y. (2022). Sosialisasi Pengaruh Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi di Sekolah Dasar (SD) Swasta HKI 3 Pematangsiantar: Socialization of the Effect of Technology in Education in the Era of Globalization in Private Elementary Schools (SD) HKI 3 Pematangsiantar. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA.(Online),.Vol.1.No.2,.68.76,.https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/i ndex.php/jpmi/article/view/232, (diakses 30 Juli 2022).

Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Universitas Negeri Makassar. (2021). Petunjuk Teknis Asistensi Mengajar Di Satuan Pendidikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Makassar: Makassar: Badan Penerbit UNM


Article Metrics

Abstract view : 56 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats