Analisis Budaya Populer: Sebuah Trend Kegiatan Fangirling K-Pop di Kalangan Anak Muda

Arindi Nurul Amalia Asman(1*), Imma Sriwati Nur(2), Mariyani Al Idrus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i4.34916

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, memahami dan menganalisis seberapa populer budaya fangirling K-POP di kalangan anak muda. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah studi kepustakaan atau literature review yang mengkaji berbagai jurnal penelitian dan referensi lain yang kredibel. Tahapan prosedur penelitian ini, yaitu: melakukan literatur dari berbagai sumber yang kredibel dan mendukung penelitian ini. Artikel ini menganalisis budaya populer fangirling K-POP di kalangan anak muda. Hasil penelitian ini menunjukkan posisi budaya media sebagai bentuk dominan yang melahirkan budaya fangirling K-POP populer di kalangan anak muda yang telah menyebar luas dan menguasai tren yaitu kegiatan fangriling yang sebagian besar berdampak negatif dan melemahkan nilai-nilai budaya lokal pada anak muda masa kini.


Full Text:

PDF

References


Annur, C. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. www.databoks.katadata.co.id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022.

Egsaugm. (2020). Fenomena Korean Wave di Indonesia. www.egsa.geo.ugm.ac.id. https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/09/30/fenomena-korean-wave-di-indonesia/.

Ernawam, D. (2017). Pengaruh Globalisasi terhadap Eksistensi Kebudayaan Daerah di Indonesia. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 32(1), 1–54.

Iskandar, P. Z., & Zuliestiana, D. A. (2021). Pengaruh Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Album Musik Atau Merchandise Kpop (studi Pada Penggemar Musik Kpop). eProceedings of Management, 8(3).

Ismaniar. (2022). Masyarakat Konsumsi Jean Baudrillard: Perilaku Konsumsi Penggemar K-Pop Nctzen 127 Surabaya.

Hartinah, C. N. (2018). Budaya Fangirling Boygroup Korea Dalam Dunia Virtual Studi Etnografi Virtual Tentang Fans Boy Group NCT di Indonesia Pada Media Sosial Twitter (Doctoral dissertation, PERPUSTAKAAN).

Ri'aeni, I. (2019). Pengaruh budaya korea (K-Pop) terhadap remaja di Kota Cirebon. Communications, 1(1), 1-25.

Sugianto. (2020). Penelitian Kualitatif, Manfaat dan Alasan Penggunaan. Www.Binus.Ac.Id. https://binus.ac.id/bandung/2020/04/penelitian-kualitatif-manfaat-dan-alasan-penggunaan/.

Suhada, N. K., Ekawardhani, W., & Nurulita, A. (2021). Menemukan Budaya Tabe’bugis-Makassar Pada Korean Wave. Journal Of Educational Technology, Curriculum, Learning And Communication, 1(1), 8-12.


Article Metrics

Abstract view : 245 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats