Pengembangan Buku Digital Mata Kuliah Manajemen Pembelajaran
(1) 
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i1.26474
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kebutuhan mahasiswa terhadap penggunaan buku digital pada mata kuliah Manajemen Pembelajaran, mendeskripsikan tingkat validitas dan kepraktisan buku digital. Metode yang digunakan adalah research and development sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket tertutup, selanjutnya analisis data dilakukan menggunakan teknuik analisis deskrtiptif kualitatif dan statistic deskrtiptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk buku digital Manajemen Pembelajaran valid digunakan berdasarkan hasil validasi ahli media dan isi memiliki kualifikasi sangat baik selanjutnya tajap pengembangan media buku digital yang diujicobakan pada mahasiswa dan dosen pengampuh juga berada pada kualifikasi sangat baik.
Kata Kunci: buku digital; manajemen pembelajaran; pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Aprilia, T., Sunardi, S., & Djono, D. (2017). Pemanfaatan Media Buku Digital berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 0, Article 0. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/10444
Arnidah, A., Anwar, C. R., & Hasfat, H. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Buku Elektronik Berbasis Multimedia Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK. Journal of Curriculum Indonesia, 3(2), 101–105. https://doi.org/10.46680/jci.v3i2.35
Aulia, R., Patmantara, S., & Handayani, A. N. (2016). Perancangan Buku Digital Interaktif Berbasis Flipping Book TIK Kelas XI SMA. SENTIA 2016, 8(1), Article 1. https://prosiding.polinema.ac.id/sentia/index.php/SENTIA2016/article/view/66
Fauzan, M. (2016). Pembuatan Electronic Book (E-Book) Bahasa Arab dengan Software FLIP Book Maker. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 1(2), Article 2. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/64
Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa.
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 102–115. https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5354
Huljannah, M. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 2(2), 49–63. https://doi.org/10.54045/educator.v2i2.416
Prasetya, D. D. (2016). Kesiapan Pembelajaran Berbasis Buku Digital. TEKNO, 24(2), Article 2. http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/view/5169
Prastowo, A. (2018). Sumber belajar dan pusat sumber belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Kencana.
Riyanto, L. (n.d.). Subagyo.(2012). Pengembangan digital library local content pekalongan dalam format buku 3 dimensi. Jurnal LIPI, 1(1), 1–13.
Ruddamayanti, R. (2019). Pemanfaatan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, 12(01), Article 01. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2750
Saputra, H., & Anwar, C. R. (2019). DIGITAL DAN PENGANTAR SINEMATOGRAFI: BUKU AJAR YANG BERCERITA. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 232–246. https://doi.org/10.10358/jk.v5i1.592
Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88–100.
Subiyantoro, E. (2014). Menapak di Era Digital dengan Memasyarakatkan Buku Digital. Diakses Dari Http://Www. Vedcmalang. Com/Pppptkboemlg/Index. Php/Menuutama/Teknologiinformasi/1114-Eko-Subiyantoro-Widyaiswara-Muda-Departemen-Teknologiinformasi-Pppptk-Boe-Malang.
Syawaludin, M. (2019). Implementasi Buku Digital dalam Mengoptimalkan Penggunaan Literasi untuk Menyongsong Revolusi Industri 4.0 di dalam Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12(01), Article 01. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2572
Syukur N.C, F. (2008). Teknologi Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Warsita, B. (2013). Perkembangan definisi dan kawasan teknologi pembelajaran serta perannya dalam pemecahan masalah pembelajaran. Kwangsan, 1(2), 286943.
Article Metrics
Abstract view : 203 times | PDF view : 32 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION
Jurnal JETCLC terindeks oleh
E-ISSN P-ISSN
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
Kantor Redaksi
Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.
Kontak:
Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751 View My Stats