Pengembangan Buku Digital Mata Kuliah Manajemen Pembelajaran

Fitri Hidayanti(1*), Abdul Hakim(2), Farida Febriati(3),

(1) 
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i1.26474

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kebutuhan mahasiswa terhadap penggunaan buku digital pada mata kuliah Manajemen Pembelajaran, mendeskripsikan tingkat validitas dan kepraktisan buku digital. Metode yang digunakan adalah research and development sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket tertutup, selanjutnya analisis data dilakukan menggunakan teknuik analisis deskrtiptif kualitatif dan statistic deskrtiptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk buku digital Manajemen Pembelajaran valid digunakan berdasarkan hasil validasi ahli media dan isi memiliki kualifikasi sangat baik selanjutnya tajap pengembangan media buku digital yang diujicobakan pada mahasiswa dan dosen pengampuh juga berada pada kualifikasi sangat baik.

Kata Kunci: buku digital; manajemen pembelajaran; pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Aprilia, T., Sunardi, S., & Djono, D. (2017). Pemanfaatan Media Buku Digital berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 0, Article 0. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/10444

Arnidah, A., Anwar, C. R., & Hasfat, H. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Buku Elektronik Berbasis Multimedia Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK. Journal of Curriculum Indonesia, 3(2), 101–105. https://doi.org/10.46680/jci.v3i2.35

Aulia, R., Patmantara, S., & Handayani, A. N. (2016). Perancangan Buku Digital Interaktif Berbasis Flipping Book TIK Kelas XI SMA. SENTIA 2016, 8(1), Article 1. https://prosiding.polinema.ac.id/sentia/index.php/SENTIA2016/article/view/66

Fauzan, M. (2016). Pembuatan Electronic Book (E-Book) Bahasa Arab dengan Software FLIP Book Maker. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 1(2), Article 2. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/64

Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa.

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 102–115. https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5354

Huljannah, M. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 2(2), 49–63. https://doi.org/10.54045/educator.v2i2.416

Prasetya, D. D. (2016). Kesiapan Pembelajaran Berbasis Buku Digital. TEKNO, 24(2), Article 2. http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/view/5169

Prastowo, A. (2018). Sumber belajar dan pusat sumber belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Kencana.

Riyanto, L. (n.d.). Subagyo.(2012). Pengembangan digital library local content pekalongan dalam format buku 3 dimensi. Jurnal LIPI, 1(1), 1–13.

Ruddamayanti, R. (2019). Pemanfaatan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, 12(01), Article 01. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2750

Saputra, H., & Anwar, C. R. (2019). DIGITAL DAN PENGANTAR SINEMATOGRAFI: BUKU AJAR YANG BERCERITA. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 232–246. https://doi.org/10.10358/jk.v5i1.592

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88–100.

Subiyantoro, E. (2014). Menapak di Era Digital dengan Memasyarakatkan Buku Digital. Diakses Dari Http://Www. Vedcmalang. Com/Pppptkboemlg/Index. Php/Menuutama/Teknologiinformasi/1114-Eko-Subiyantoro-Widyaiswara-Muda-Departemen-Teknologiinformasi-Pppptk-Boe-Malang.

Syawaludin, M. (2019). Implementasi Buku Digital dalam Mengoptimalkan Penggunaan Literasi untuk Menyongsong Revolusi Industri 4.0 di dalam Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12(01), Article 01. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2572

Syukur N.C, F. (2008). Teknologi Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Warsita, B. (2013). Perkembangan definisi dan kawasan teknologi pembelajaran serta perannya dalam pemecahan masalah pembelajaran. Kwangsan, 1(2), 286943.


Article Metrics

Abstract view : 71 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

            

   E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Merrisa Monoarfa: +62821-9175-9996 

Nurwahyuningsih Ibrahim: +62852-5581-6055

Fajrin Baids: +62853-4351-0765