Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 46 Makassar

Nurhikmah Sam(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v1i3.21215

Abstract


Artikel ini menjelaskan pengembangan pembelajaran multimedia dengan menggunakan Articulate Storyline 3. Pengembangan pembelajaran multimedia ini didasarkan pada kebutuhan siswa kelas VII SMP Negeri 46 Makassar pada mata pelajaran IPS dimana selama proses pembelajaran, guru tidak menggunakan media pembelajaran apapun kecuali buku teks. Siswa membutuhkan media pembelajaran yang mampu menyampaikan materi pelajaran IPS yang bervariasi dan inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan multimedia pembelajaran pada materi pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 46 Makassar dengan mempertimbangkan kebutuhan multimedia pembelajaran.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE melalui tahapan analysis, design, dan development. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 46 Makassar tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah seorang guru dan 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran Articulate Storyline 3 yang dikembangkan oleh peneliti menunjukkan hasil yang baik atau berada pada kategori valid dan praktis berdasarkan materi pelajaran IPS siswa dan guru kelas VII SMP Negeri 46 Makassar.

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media