Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 46 Makassar

Nurhikmah Sam(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v1i3.21215

Abstract


Artikel ini menjelaskan pengembangan pembelajaran multimedia dengan menggunakan Articulate Storyline 3. Pengembangan pembelajaran multimedia ini didasarkan pada kebutuhan siswa kelas VII SMP Negeri 46 Makassar pada mata pelajaran IPS dimana selama proses pembelajaran, guru tidak menggunakan media pembelajaran apapun kecuali buku teks. Siswa membutuhkan media pembelajaran yang mampu menyampaikan materi pelajaran IPS yang bervariasi dan inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan multimedia pembelajaran pada materi pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 46 Makassar dengan mempertimbangkan kebutuhan multimedia pembelajaran.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE melalui tahapan analysis, design, dan development. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 46 Makassar tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah seorang guru dan 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran Articulate Storyline 3 yang dikembangkan oleh peneliti menunjukkan hasil yang baik atau berada pada kategori valid dan praktis berdasarkan materi pelajaran IPS siswa dan guru kelas VII SMP Negeri 46 Makassar.

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Ghozali, F. A.& Rusimamto, P. W. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Studio ’ 13 Kompetensi Dasar Arsitektur Dan Prinsip Kerja Fungsi Setiap Blok Plc Di Smk Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Elektro, Vol.05(01), 223– 228

Kustandi, Cecep & Sujipto, Bambang. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Ghalia Indonesia

Kuswanto, Joko & Wulsufa, Yusita. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas VIII. Vol.6(2): 58-64

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.

Nurgraheni, Dewi. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Sejarah

Indonesia Kelas X Di SMK Negeri 1 Kebumen. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Oka, Arya. 2017. Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama

Peraturan Pemerintah UU RI Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Purnama, S. & Asto B, I. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Tei 1 Di Smk Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol.3(2), 275–279

Rivers, David. 2015. Up and Running with ArticulateStoryline. www.lynda.com/storylinetutorials/up-running-articulatestoryline-2/196582-2/ (diakses 15 Januari 2020)

Rusdi, M. 2018. Penelitian Desain Dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur Dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok: Pt Raja Grafindo Persada.

Sadiman, Arif. 2010. Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali

Surjono, Herman Dwi. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press


Article Metrics

Abstract view : 3263 times | PDF view : 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats