Implementasi Group Chat Media Sosial Mata Kuliah Project Program Studi Teknologi Pendidikan T.A 2018/2019 Universitas Negeri Makassar

Reski Amelia(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v1i2.15977

Abstract


Pendidikan jarak jauh melibatkan media komunikasi dalam proses pembelajaran. Pendidik harus mampu memahami berbagai media yang dapat digunakan sebagai proses pendidikan dan pembelajaran. Hal ini membuat segala bentuk media komunikasi dapat digunakan sebagai media pendidikan. Whatsapp Messenger merupakan salah satu media yang paling populer, banyak digunakan dan memiliki banyak fasilitas yang dapat digunakan sebagai media komunikasi pendidikan. Jurnal ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Whatsapp Messenger digunakan sebagai media komunikasi virtual dan edukatif untuk mata kuliah berbasis proyek di Program Studi Pendidikan Teknologi Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Jurnal ini menggunakan pendekatan studi kasus pada mata kuliah Seminar Nasional dan Pameran Pendidikan. Data diperoleh dengan wawancara mendalam terhadap enam (6) mahasiswa yang dipilih secara purposive. Pengamatan dilakukan pada kelompok Whatsapp, kelas tatap muka dan pada seminar dan pameran. Artikel ini menghasilkan gambaran umum proses perkuliahan, diskusi dan interaksi melalui grup WhatsApp di kedua kelas. Whatsaap sebagai media komunikasi pendidikan memenuhi empat fungsi yaitu; a) menjelaskan, b) menjual ide c) belajar dan d) secara administratif. Temuan lainnya adalah kelemahan dan kelebihan menggunakan Whatsappgroup sebagai media komunikasi pendidikan.

Kata kunci s: Whatsapp; Komunikasi; Pendidikan; Kelas virtual; Teknologi


Full Text:

PDF

References


Anwar, Arnidah. (2017). Literasi Media Baru di Dunia Pendidikan (Fenomena Digital Media dalam Komunikasi Pendidikan Tinggi di Makassar). Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Firdaus, Yunan. (2014). Penggunaan Whatsapp sebagai Media Komunikasi di Kalangan Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2009 Universitas Muhammadiyah Malang). Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Miarso, Yusufhadi dkk. (1986). Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Miles, Metthew Huberman. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Pres.

Pangestika, Nur Lia. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Media Whatsapp terhadap Penyebaran Informasi Pembelajaran di SMA Negeri 5 Depok. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Sunarto, Husain dll. (2011). Mix Methodology Dalam Penelitian Komunikasi. Yogyakarta: ASPIKOM.


Article Metrics

Abstract view : 51714 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article