DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER MIKROKONTROLER BERBASIS ATMEGA-16

Edy Sabara(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan dari desain media pembelajaran ini adalah mengembangkan Trainer Mikrokontroler ATmega-16 dan mengetahui tingkat kelayakan trainer. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, And Evaluation). Tingkat kelayakan dari trainer ditentukan oleh validator berdasarkan penilaian melalui angket,  sedangkan tingkat kepraktisan trainer ditentukan dari hasil penilaian responden. Hasil penelitian yaitu; (1) validasi instrumen penelitian berdasarkan aspek petunjuk sebesar 100% meliputi aspek isi dan aspek Bahasa masing-masing sebesar 100%, sehingga disimpulkan bahwa instrumen dinyatakan dalam kategori sangat valid. (2) Uji kelayakan media dari aspek tampilan yaitu 88,89%, meliputi aspek teknis sebesar 89,28% dan aspek kemanfaatan sebesar 93.75% sehingga diperoleh rerata persentase sebesar 90% dalam kategori sangat layak. (3) Uji kelayakan materi dari aspek kualitas materi atau isi yaitu sebesar 89,42%, aspek kemanfaatan sebesar 93,75% sehingga rerata persentase  sebesar 90,44% dalam kategori sangat layak. (4) Uji kepraktisan berdasarkan aspek tampilan sebesar 90%, aspek teknis sebesar 90,35%, aspek kualitas materi sebesar 90,20% dan aspek kemanfaatan sebesar 91,87% sehingga diperoleh rerata persentase sebesar 90,43% dalam kategori sangat praktis. (5) Tanggapan dari responden adalah sangat terbantu dalam proses belajar menggunakan Trainer Mikrokontroler ATmega-16.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 44 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.