RANCANG BANGUN SISTEM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN BERBASIS APLIKASI ANDROID DENGAN APLIKASI WEB DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA

Roif Roif(1*), Sutarsi Suhaeb(2), Maruf Idris(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Merancang Bangun sistem pengelolaan perpustakaan berbasis aplikasi android dengan aplikasi web di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika.
(2) Mengetahui hasil pengujian fungsionality dan usability sistem pengelolaan perpustakaan berbasis aplikasi android dengan aplikasi web di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika. Adapun jenis penelitian ini adalah rancang bangun dan desain yang bersifat untuk menghasilkan suatu sistem pengelolaan perpustakaan berbasi aplikasi android dengan aplikasi web. Hasil Pengujian funcionality terhadap aplikasi android dan aplikasi web yang dilakukan oleh dua orang validator yang menghasilkan nilai dengan persentase 100% dengan kategori "dapat diterima". Pengujian usability terhadap aplikasi android oleh pengunjung perpustakaan menghasilkan nilai dengan persentase 89,9% dengan kategori sangat berguna sedangkan pengujian usability terhadap aplikasi web oleh petugas perpustakaan menghasilkan nilai dengan persentase 97,3% dengan kategori sangat berguna. Penelitian ini menghasilkan produk berupa Sistem Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Aplikasi Android dengan Aplikasi Web di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika yang telah melakukan uji funcionality oleh dua validator dan uji usability oleh administrator serta pengunjung yang dinyatakan berfungsi dan sangat berguna.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 44 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.