PENGEMBANGAN ALAT LAMPU OTOMATIS BERBASIS IoT MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER NODE MCU PADA KANDANG TERNAK AYAM PETELUR DI DESA LEMBANNA KECAMATAN KAJANG

Ridwansyah Ridwansyah(1*), Purnamawati Purnamawati(2), Haryadi Indrawijaya(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bermanfaat untuk: 1) Mengetahui langkah-langkah perancangan lampu otomatis berbasis IoT dengan mikrokontroler NodeMCU. 2) Mengetahui  hasil pengujian functionality, aplikasi serta tingkat efektivitas lampu otomatis berbasis IoT menggunakan mikrokontroler Node MCU di Desa Lembanna Kecamatan Kajang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kegiatan penelitian dan pengembangan (research and development) yang bertujuan buat meningkatkan serta menawarkan produk. Pengembangan ini menggunakan teknik yang menghasilkan model pengembangan waterfall yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: analisis, desain, coding, testing/verification, serta maintenance. Hasil dari penelitian ini adalah:

1) Penerapan produk berupa alat dan aplikasi pengontrol lampu otomatis berbasis IoT yang diberi nama Lamp Controller. 2) Hasil pengujian yang terdiri dari pengujian functionality dan aplikasi dinilai baik dan dapat diterapkan dengan presentase masing-masing uji sebesar 100% dan pengujian efektivitas dengan mengukur tingkat keefektifan performa alat untuk mendapatkan rata-rata presentase kualifikasi 100% dalam kategori “Sangat Efektif”. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, produk Lamp Controlling dapat digunakan sebagai alat pengontrol lampu pada kandang ternak ayam petelur.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 47 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.