ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN SOFTWARE LABVIEW PADA MATA KULIAH PRAKTIK KENDALI DAN AKUISISI DATA

Ismail Ismail(1*), Lu'mu Lu'mu(2), Syahruni Meilani(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor dominan yang mempengaruhi tingkat motivasi belajar mahasiswa dalam penggunaan software labview pada Mata Kuliah Praktik Kendali dan Akuisisi Data di Program Studi Pendidikan Vokasional Mekatronika. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Vokasional Mekatronika angkatan 2019 yang berjumlah 32 orang mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan instrument angket dan melibatkan dua ahli validator instrument. Mahasiswa juga dilibatkan untuk mendapatkan respon terhadap angket motivasi belajar dan faktor-faktor dominan yang mempengaruhi motivasi belajar. Hasil dari penelitian ini diketahui besar motivasi belajar mahasiswa dalam penggunaan Software Labview yaitu persentase tinggi dengan kategori baik dan untuk faktor-faktor dominan yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa dalam penggunaan Software Labview terdapat pada faktor intrinsik dengan indikator psikologi mencapai persentase tinggi dalam kategori baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa tingkat motivasi belajar mahasiswa dalam penggunaan Software Labview pada mata kuliah Praktik Kendali dan Akuisisi Data memiliki kriteria yang sangat baik, sedangkan untuk faktor dominan yang mempengaruhi tingkat motivasi belajar mahasiswa ada pada faktor intrinsik yaitu bersumber dari dalam diri tiap individu itu sendiri.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.