PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA PEMROGRAMAN KOMPUTER PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL MEKATRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Mustamin Mustamin(1*), Sugeng A Karim(2), Novita Idris(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Pengembangan merupakan sesuatu ataupun langkah- langkah guna meningkatkan sesuatu produk baru. Penelitian ini memakai metode penelitian serta pengembangan Research and Development (R&D). Pengembangan model pembelajaran yang digunakan dalam riset ini merupakan model pengembangan 4D ialah model pengembangan yang terdiri dari 4 tahapan pengembangan yang terdiri dari Define, Design, Development serta Disseminate dikemukakan oleh Thiagarajan. Instrumen yang digunakan berbentuk observasi serta lembar angket. Hasil uji kelayakan pengembangan modul pembelajaran bahasa pemrograman komputer pada prodi Pendidikan Vokasional Mekatronika Universitas Negeri Makassar ialah bersumber pada evaluasi ahli materi serta media dan responden dari mahasiswa. Alasan memakai model pengembangan ini sebab mengaitkan evaluasi ahli, sehingga sebelum dicoba uji coba di lapangan perangkat pembelajaran sudah dilakukan perbaikan bersumber pada evaluasi, anjuran serta masukan para ahli. Hasil uji coba responden mahasiswa menampilkan hasil jumlah skor sebesar 480 dengan persentase 91, 43%, dengan kategori sangat layak. Modul pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash serta flip pdf builder diharapkan dapat digunakan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Vokasional Mekatronika, Jurusan Pendidikan Vokasional Mekatronika Universitas Negeri Makassar.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 84 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.