TEKNOLOGI KOMPRESI AUDIO DENGAN ADVANCED AUDIO CODING (AAC)

Tasri Ponta(1*),

(1) UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


AAC adalah singkatan dari Advanced Audio Coding merupakan standar format berkas audio terkompresi. AAC umumnya memiliki kualitas suara yang lebih baik dibandingkan dengan format populer MP3 dalam bitrate yang sama khususnya pada bitrate di bawah 100 kbit/s. AAC merupakan format yang umum digunakan ketika melakukan kompresi CD audio pada Apple iPod dan iTunes (eksensi .m4a).
Format MP3 masih merupakan teknologi baru dan mulai berkembang. MP3 merupakan format standar untuk audio portabel masa depan. AAC memiliki keterbatasan diakibatkan lebih berat, lebih rumit, dan mempunyai dukungan yang minim dari para pengembang.
AAC Bukan untuk Penyimpanan. Dari hasil pengujian terlihat bahwa AAC sangat superior dalam menghasilkan audio yang “masih bisa didengar” pada bit rate yang sangat kecil (15 Kbps). Kualitas suara jauh dari memuaskan, tetapi pada bit rate minimal masih mampu memberikan kualitas suara yang “cukup baik”. Pada bit rate satu lagu hanya membutuhkan sekitar 500 KB. Sehingga dengan demikian mempunyai efisiensi yang sangat tinggi. AAC tidak terlalu istimewa pada bit rate tinggi. Berdasarkan pengamatan masih memiliki kualitas yang kurang lebih sama dengan format-format yang sudah ada (MP3, WMA, ataupun OGG).

 

Kata Kunci : Kompresi Aucio, Advanced Audio Coding (AAC)


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 9517 times | PDF view : 225 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.