PENGARUH KOMPETENSI PENDIDIK DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU JURUSAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI DI MAKASSAR

Tasri Ponta(1*), Hasanah Nur(2), Andi Nurul Khaera Nasri(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Kualitas lulusan sangat ditentukan oleh kualitas pendidiknya. Pendidik harus memiliki kompetensi dan motivasi kerja sehingga disebut bahwa pendidik memiliki kinerja yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kinerja pendidik jurusan teknik elektronika di SMK Negeri Makassar (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru jurusan teknik elektronika di SMK Negeri Makassar (3) untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru jurusan teknik elektronika di SMK Negeri Makassar. Penelitian yang akan dipakai merpakan kuantitatif memakai expost-facto’ dan total sampel 34 responden. Ada tiga hal yang dipakai dalam penelitian ini yaitu variabel kompetensi pedagogik guru (X1), variabel motivasi kerja (X2) dan variabel kinerja guru (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis statistik infrensial. Hasil uji regresi sederhana diperoleh data bahwa ada pengaruhh yang relevan antara kompetensi pedagogik dari guru terhadap kinerja guru dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan ada pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan nilai sig. 0,009 < 0,05. Dan hasil penguujian uji F atau uji simultan diperoleh Fhitung sebanyak 54,264 dengan probabilitas 0,000 < 0,05 yang berarti kompetensi guru dan motivasi kerja berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja guru. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh bahwa (1) kompetensi pedagogik guru secara signifikan terhadap kinerja guru (2) motivasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pendidik, (3) kompetensi pedagogik guru dan motivasi kerja secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 73 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.