KAJIAN PENGARUH PERUBAHAN LAHAN TERHADAP BENCANA BANJIR DI KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR

Nini Apriani Rumata(1*), Andi Makbul Syamsuri(2), Nur Miftahul Janna(3), Nurul Ilma(4),

(1) Program Studi, Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Muhammadiyah Makassar
(2) Program Studi Teknik Pengairan, Universitas Muhammadiyah Makassar
(3) Program Studi, Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Muhammadiyah Makassar
(4) Program Studi, Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jes.v6i1.52056

Abstract


Kawasan Perkotaan selalu mengalami perkembangan penduduk yang sangat pesat. Perkembangan ini berbanding lurus dengan kebutuhan terhadap lahan untuk perumahan, pembangunan sarana dan prasarana serta penunjang lainnya sehingga pembangunan terjadi secara terus menerus. Akibat dari pembangunan ini dapat berpotensi terjadi alih fungsi lahan sehingga daerah resapan air menjadi berkurang dan menyebabkan bencana banjir. Kota Makassar mengalami perkembangan yang sangat pesat dimana dalam waktu 8 tahun perkembangan lahan terbangun sebanyak 17%. Perkembangan ini sejalan dengan terjadinya bencana banjir setiap tahunnya. Salah satu wilayah yang mengalami perkembangan pertumbuhan lahan terbangun dengan pesat dan banjir paling parah adalah Kecamatan Manggala. Penelitian ini bertujuan: 1) Mengidentifikasi perubahan lahan di Kecamatan Manggala tahun 2013 sampai tahun 2023; 2) Menganalisis dampak perubahan lahan terhadap wilayah yang berpotensi terjadi bencana banjir di Kecamatan Manggala. Metode analisis yang digunakan dengan menggunakan analisis deskriptif untuk mengidentifikasi pemanfaatan lahan pada tahun 2013-2023 dengan menggunakan interpretasi foto citra udara dan analisis spasial dengan menggunakan aplikasi Geographic Information System (GIS) untuk mengetahui potensi banjir akibat pemanfaatan lahan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang sangat pesat untuk pemanfaatan lahan terbangun yang berkembang dari 6,8% menjadi 95,4%. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan wilayah yang rawan terhadap bencana banjir.


Keywords


Banjir, Lahan, Foto Citra, Spasial, Bencana

Full Text:

PDF

References


F.Y. Djoko Subroto. (2003).Food and Beverage Service and TableSetting. Jakarta: Pt. Grasindo

Jayadinata, J.T. 1999. Tata Guna Tanah dalam Perencanaan Perdesaan, Perkotaan dan Wilayah. Bandung: ITB

Harjadi, Prih, Ratag, A. Mezak, dkk. 2007. Pengenalan Karakteristik Bencana Dan Upaya Mitigasinya Di Indonesia. Direktorat Mitigasi Lakhar BAKORNAS BP. Jakarta Pusat

Kodoatie, Robert J. dan Sjarief, Roestam. (2010). Tata Ruang Air: Penerbit Andi

Ashari, Ahmad Firman. "Analisis Spasial Perubahan Penggunaan Lahan Serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Studi Kasus Kota Makassar 2011-2019): Spatial Analysis of Land Use Changes and The Affecting Factors (Case Study of Makassar City 2011- 2019)." Jurnal Ecosolum 10.2 (2021): 70-81.

Makassar, B. P. B. D. K. (2019). Tanggap Darurat Bencana

Badan Pusat Statistik, 2021. Kota Makassar dalam Angka. Makassar: BPS Kota.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Makassar. 2013. Data Kejadian Bencana Kota Makassar. Makassar: BPBD Kota Makassar

Febriani ES, Arobiah D, Apriyani A, Ramdhani E, Millah AS. Analisis Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa. 2023;1(2):140-53.

Achjar KAH, Rusliyadi M, Zaenurrosyid A, Rumata NA, Nirwana I, Abadi A. METODE PENELITIAN KUALITATIF: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus: PT. Sonpedia Publishing Indonesia; 2023.

suci Sukmawati, Anastasia, et al. METODE PENELITIAN KUANTITATIF: Teori dan Penerapan Praktis Analisis Data berbasis Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Rumengan MRC, Kindangen JI, Takumansang ED. Analisis ketersediaan dan kebutuhan fasilitas sosial di Kota Kotamobagu. Spasial. 2019;6(2):375-87

Idrus, I., Latif, S., & Rumata, N. A. (2023). Pemetaan Tipologi Perumahan Pulau Kodingareng Lompo. Journal of Green Complex Engineering, 1(1), 33-40.

Wismarini, Th Dwiati, and Muji Sukur. "Penentuan tingkat kerentanan banjir secara geospasial." Dinamik 20.1 (2015)

Rumata, NA. 2023. Mitigasi Bencana, Inovasi Pengendalian Bencana dengan Pemanfaatan Lahan: Pustaka Aksara


Article Metrics

Abstract view : 93 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nini Apriani Rumata, Andi Makbul Syamsuri, Nur Miftahul Janna, Nurul Ilma

 Diterbitkan Oleh:

Prodi Geografi, Jurusan Geografi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam

Universitas Negeri Makassar

Editorial Office:

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License