KEARIFAN LOKAL SASI DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA LAUT BERKELANJUTAN DI KECAMATAN SELARU KABUPATEN MALUKU TENGGARA BARAT

Hasriyanti Hasriyanti(1*), Fitri Handayani(2), Anugerah Aulia Magfirah Ikhdar(3), Indra Syamsuddin(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jes.v6i1.47764

Abstract


Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keanekaragaman hayati terbesar di dunia serta memiliki berbagai kearifan lokal yang didalamnya terdapat jutaan makna. Kearifan lokal menjadi salah satu sektor penting yang harus dilestarikan oleh masyarakat Indonesia salah satunya adalah kearifan lokal sasi yang ada di Maluku yang dimana kearifan lokal tersebut telah dilakukan sejak lama di Maluku dalam pengelolaan dan perlindungan sumber daya alam baik yang ada di darat maupun dilaut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kearifan lokal sasi dalam pengelolaan sumber daya laut di Desa Adaut Kecamatan Selaru Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi yakni menelusuri berbagai sumber berkaitan dengan tema dan topik yang dibahas. Data yang telah dikumpulkan tersebut selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya masyarakat adaut menerapkan kearifan lokal sasi dalam menjaga dan mengelola sumber daya laut sehingga akan memberikan keuntungan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini akan tetapi juga bagi kehidupan generasi berikutnya.


Keywords


Kearifan Lokal; Sasi; Sumber daya laut

Full Text:

PDF

References


Aini, S., Hanan, A., Yuniarti, T., Putra, A., Nurlaela, E., Hamdani, H., & Sudino, D. (2021). Kajian Potensi Wilayah Perikanan Dengan Pendekatan Pra Di Kecamatan Junjuang Sirih Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat. Buletin Jalanidhitah Sarva Jivitam, 3(1), 29–42.

Alvayedo, M. B., & Erliyana, A. (2022). Tinjauan Hukum Kedudukan dan Keterlibatan Kearifan Lokal Masyarakat Adat Maluku Berupa Sasi dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(3), 9730–9739.

Betaubun, A. D. S., Laiyanan, S. E. B., Renyaan, D., & Pentury, F. (2019). Persepsi Penerapan Sasi Laut di Wilayah Perairan Kepulauan Kei: Upaya Mendukung Keberlanjutan Sumber Daya Laut. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 12(1), 136–144.

Damardjati KM, Kusrini T. 2015. Pelestarian lingkungan berbasis kearifan lokal. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Elfemi, N. (2013). Sasi, Kearifan Lokal Dalam Pengelolaan Sumber Daya Laut (Kasus; Masyarakat Suku Tanimbar di Desa Adaut, Kecamatan Selaru, Kabupaten Maluku Tenggara Barat). Jurnal Pelangi, 6(1), 23–30.

Etlegar D. 2013. Peran lembaga adat sasi dalam pengelolaan sumberdaya dusun di negeri Allang kecamatan Leihitu Barat, kabupaten Maluku Tengah. Skripsi. Departemen Manajemen Hutan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Furqan, F., Khairani, Y., Surya, E., Armi, A., Ridhwan, M., Noviyanti, A., Hakim, L., & Muchsin, M. (2021). Studi Kearifan Lokal Masyarakat Nelayan Dalam Upaya Pemanfaatan Berkelanjutan Terhadap Konservasi Laut Di Kawasan Lampulo Kota Banda Aceh. Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 7(2), 287–304.

Hasriyanti, H., Saputro, A., & Isromi, A. (2021). Kearifan Lokal Lilifuk Di Nusa Tenggara Timur Dalam Pengelolaan Sumber Daya Laut Berkelanjutan. Jurnal Environmental Science, 4(1), 24–32.

Indraswari, R. H., Setiawan, J. D., & Prahasto, T. (2021). Sistem Peredam Getaran Gelombang Laut Untuk Instalasi Underwater Camera Pada Point Absorber. Jurnal Teknik Mesin, 9(4), 461–474.

Kusumadinata, A. (2015). Peran Komunikasi Dalam Menjaga Kearifan Lokal (Studi Kasus Sasi Di Desa Ohoider Tawun, Kabupaten Maluku Tenggara). Jurnal Sosial Humaniora, 6(1), 23–32.

Nanlohy, H., Timisela, N., & Estradivari, E. (2019). Tradisi Lokal Masyarakat dalam Pengelolaan Kawasan Konservasi Pulau Yamdena Kabupaten Maluku Tenggara Barat. PAPALELE (Jurnal Penelitian Sosial Ekonomi Perikanan Dan Kelautan), 3(2), 52–60.

Persada, N. P. R., Mangunjaya, F. M., & Tobing, I. S. . (2018). Sasi sebagai budaya konservasi sumberdaya alam di kepulauan Maluku. Jurnal Ilmu Dan Budaya, 41(59), 6869–6900.

Putri, N. I., Chandrika, N. L., Pangestu, G. L., & Suryanda, A. (2020). Peranan Kearifan Lokal Sistem Sasi Dalam Pengelolaan Sumber Daya Laut Indonesia. Jurnal Ekologi, Masyarakat Dan Sains, 2(1), 12–19.

Simamora, E. S., Amarrohman, F. J., & Wijaya, A. P. (2022). Penetapan batas pengelolaan wilayah laut provinsi bengkulu. Elipsoide: Jurnal Geodesi Dan Geomatika, 5(1), 30–36.

Sofyaun A. 2012. Analisis kelembagaan sasi dalam pengelolaan perikanan tangkap di kecamatan Seram Timur. Skripsi.

Suyanto, S., & Pudjianto, B. (2014). Kesejahteraan Komunitas di Desa Adaut, Kecamatan Selaru, Provinsi Maluku. Sosio Informa, 19(2), 107–121.

Umar, M. A. (2019). Budaya Migrasi Dan Kearifan Lokal Masyarakat Suku Bajo Dalam Mengelola Sumber Daya Alam Yang Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(1), 166–124.


Article Metrics

Abstract view : 129 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hasriyanti Hasriyanti, Fitri Handayani, Anugerah Aulia Magfirah Ikhdar, Indra Syamsuddin

 Diterbitkan Oleh:

Prodi Geografi, Jurusan Geografi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam

Universitas Negeri Makassar

Editorial Office:

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License