PENDUGAAN POTENSI AIR TANAH DENGAN METODE GEOLISTRIK UNTUK PENYEDIAAN AIR BERSIH DI KOTA MAKASSAR

Ichsan Invanni(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jes.v5i2.47182

Abstract


ABSTRAK

 

Penggunaan metode geolistrik sebagai alternatif untuk mendapatkan informasi dan data bawah permukaan, dengan berdasar pada perbedaan sifat kelistrikan batuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar potensi air tanah di Kota Makassar dengan menggunakan metode geolistrik tahanan jenis (resistivity) yang mengarah kepada eksplorasi dan pengembangan potensi sumber daya air tanah (research and development). Data yang diperoleh dari model sintetik yang di buat dengan menggunakan perangkat lunak Res2Dmod yang menghasilkan penampang (apparent resistivity), yang kemudian diinversikan dengan menggunakan perangkat lunak Res2Dinv yang mengasilkan profil 2D true resistivity. Hasil penelitian menunjukkan potensi air tanah di Kota Makassar tidak merata, dari 12 lintasan pengukuran ada 8 lintasan yang memiliki potensi air tanah dengan 13 rekomandasi untuk penempatan sumur bor dan ada 4  lintasan  yang masih terindikasi adanya kandungan garam terlarut baik dari air laut maupun sifat kesadahan air (garam karbonat) memerlukan penambahan informasi pada area sekitar untuk menentukan tingkat pengaruh keasinan atau kesadahan terhadap urgensi kebutuhan air pada area tersebut.

 


Keywords


Resistivitas, Air Tanah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rinela Cipta.

Bisri, M. 2012. Air Tanah. Universitas Brawijaya Press. 1.

Naryanto, H.S. 2016. Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pengurangan Risiko Bencana Tanah Longsor (Gerakan Tanah) di Indonesia. Jurnal Riset Kebencanaan Indonesia (JRKI). BPPT Press, 152 pp.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alafabeta.

Umar, E. P., & Nawir, A. 2018. Potensi Airtanah Dangkal dalam pemenuhan kebutuhan air bersih Kota Makassar. Jurnal Geomine, 6(2).

Widada, S., Satriadi, A., dan Rochaddi, B. 2017. Kajian Potensi Air tanah Berdasarkan Data Geolistrik Resistiviti Untuk Antisipasi Kekeringan di Wilayah Pesisir Kangkung, Kabupaten Kendal, Privinsi Jawa Tengah. Jurnal Kelautan Tropis, 20(1), 35-41.


Article Metrics

Abstract view : 66 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ichsan Invanni

 Diterbitkan Oleh:

Prodi Geografi, Jurusan Geografi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam

Universitas Negeri Makassar

Editorial Office:

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License