PEMETAAN OBYEK WISATA ALAM DI KOTA PALOPO

Sukri Nyompa(1*), Ayu Lestari(2), Muh Jibran Nidhal Fikri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jes.v5i1.20081

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dianalisis secara spatial dan deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah : untuk memberikan informasi mengenai sebaran objek wisata alam, kondisi objek wisata alam, dan aksesibilitas menuju ke objek wisata alam di Kota Palopo. Tahap analisis data dilakukan secara spatial dengan mengolah data dengan Sistem Informasi Geografis dalam hal ini menggunakan software  Arcgis 10.3, untuk memaparkan hasil dalam bentuk pemetaan, kemudian mendeskripsikan dan memberikan gambaran terkait sebaran,  kondisi dan aksesibilitas objek wisata alam di Kota Palopo. Hasil dari penelitian diperoleh ada 12 objek wisata alam yang tersebar di Kota Palopo. Dengan penjelasan dari 9 kecamatan yang ada di Kota Palopo 6 Kecamatan diantaranya yang memiliki objek wisata alam. Dengan kondisi objek wisata alam terbagi menjadi 3 yaitu : kondisi baik, kondisi sedang, dan kondisi buruk. Dimana 4 objek wisata alam dalam kondisi baik, 4 objek wisata alam dalam kondisi sedang, dan 4 objek wisata alam dalam kondisi buruk. dan aksesibilitas terbagi menjadi jarak objek wisata dari pusat kota, kondisi akses dan jenis kendaraan yang dapat digunakan untuk sampai ke lokasi objek wisata alam.


Keywords


Objek Wisata Alam; Pemetaan; Spatial; SIG.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

DISPAREKRAF [Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif] Kota Palopo. 2019. URL : https://palopokota.go.id/facility/group/10. Diakses pada tanggal 4 Februari 2020.

Muri, Y. 2014. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. DKI Jakarta : Prenamedia Group.

Setiawan, I. 2013. Potensi Destinasi Wisata di Indonesia Menuju Kemandirian Ekonomi. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers UNISBANK (SENDI_U).

Sosilawati., Nababan M.L., Wahyudi, R.A., Mahendra, Z.A., Massudi, W., Mulyani, N., dan Mona, H.LL. 2017. Sinkronisasi Program dan Pembiayaan Pembangunan Jangka Pendek 2018-2020 Keterpaduan Pengembangan Kawasan Dengan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Pulau Sulawesi. DKI Jakarta : Pusat Pemrograman dan Evaluasi Keterpaduan Infrastruktur PUPR, Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suwena, I.K. 2010. Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar : Udayana Press.


Article Metrics

Abstract view : 236 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ayu Lestari, Sukri Nyompa

 Diterbitkan Oleh:

Prodi Geografi, Jurusan Geografi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam

Universitas Negeri Makassar

Editorial Office:

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License