PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI SUNARI DI KABUPATEN BONTOSIKUYU, KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

Nur Najmi Pramadana(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jes.v2i2.13376

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam upaya pengembangan objek wisata Pantai Sunari di Kecamatan Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar.2). Untuk mengetahui strategi pengembangan objek wisata Pantai Sunari di Kecamatan Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar. Adapun pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskriipsikan faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pengembangan objek wisata Pantai Sunari dan analisis SWOT digunakan untuk mengetahui strategi yang dapat dilakukan dalam upaya pengembangan objek wisata Pantai Sunari. Analisis SWOT juga digunakan untuk membandingkan antara faktor internal kekuatan dan kelemahan dengan faktor eksternal peluang dan ancaman yang dimiliki oleh objek wisata Pantai Sunari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : faktor pendukung yang ada pada objek wisata pantai sunari yaitu pemandangan alam yang masih asli, tersedianya lahan kosong, adanya dukungan dari masyarakat, tingkat aksesibilitas yang mudah, dan kondisi keamanan yang baik. Adapun faktor penghambat yaitu keterbatasan anggaran, promosi objek wisata yang belum maksimal, kurangnya tenaga profesional, belum ada kerjasama dengan pemerintah, kurangnya kesadaran para pengunjung dalam menjaga kebersihan Adapun strategi yang dapat dilakukan diantaranya: 1) meningkatkan objek wisata yang dimiliki pantai sunari karena memiliki pemandangan yang menarik untuk dijadikan sebagai spot foto. 2) Memanfaatkan lahan yang kosong untuk membangun sarana dan prasarana yang. 3) Meningkatkan keamanan objek wisata pantai sunari.


Keywords


Pantai Sunari; Strategi Pengembangan; Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amdani, Suut. 2008. Analisis Potensi Objek Wisata Alam Pantai di Kabupaten Gunung Kidul. Surakarta : Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Anindita, Melisa, 2015, “Analisa Faktor-Faktor yang Memperngaruhi Tingkat Kunjunga ke Kolam Renang Boja” Skripsi Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta

Jabal. 2015. Strategi Pengembangan Objek Wisata Pantai Tete Desa Bone Pute Kecamatan Tonra Kabupaten Bone. Skripsi FMIPA, UNM

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2014. Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional Indonesia, hal. 201

Marpaung, Happy, 2002. Pengetahuan Pariwisata. Bandung. Alfabeta

Punaji, Setyosari. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan, Sekretariat Negara.

Jakarta : Indonesia.

Utama, I GustiBagusRai. 2016. Pengantar Industri Pariwisata (Tantangan dan Peluang Bisnis Kreatif). Yogyakarta : Deepublish.

Ridwan, Mohammad. 2012. Perencanaan Pariwisata dan Pengembangan Pariwisata,Medan Polonia: PT. Sofmedi


Article Metrics

Abstract view : 629 times | PDF view : 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nur Najmi Pramadana

 Diterbitkan Oleh:

Prodi Geografi, Jurusan Geografi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam

Universitas Negeri Makassar

Editorial Office:

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License