ANALISIS PERUBAHAN LUAS HUTAN BAKAU DI KABUPATEN BELOPA UTARA, KABUPATEN LUWU

Muh Luthfi Muhtadi(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jes.v2i2.13201

Abstract


ABSTRAK

Analisis Perubahan Luas Lahan Hutan Mangrove di Kecamatan Belopa Utara Kabupaten Luwu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perubahan luasan hutan mangrove tahun 2007 sampai tahun 2017 dan mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi perubahan luas hutan mangrove tahun 2007 sampai tahun 2017. Penelitian ini merupakan jenis peneletian kualitatif dengan teknik sampel yang digunakan adalah Proposive Sampling dengan jumlah sampel 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada 3 (tiga) yaitu (1) Pengamatan Langsung (2) Dokumentasi (3) Wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah metode Analisis google eart. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) Luas lahan mangrove di Kecamatan Belopa Utara pada tahun 2007 sampai dengan tahun 2017 mengalami perubahan lahan mangrove sebesar 54,01 ha. (2) Terdapat dua faktor perubahan luas lahan mangrove yang terjadi di Kecamatan Belopa Utara yaitu pengembangan lahan tambak dan permukiman yang ada di sekitar lahan mangrove serta kurangnya pemahaman tentang manfaat hutan mangrove.


Keywords


Hutan Mangrove; Perubahan Luas; Lahan

Full Text:

PDF

References


Amran, M.A. 1999. Pemanfaatan Citra Penginderaan Jauh Untuk Inventarisasi Hutan Mangrove. Lab. Inderaja dan Sistem Informasi Kelautan. Jurusan Ilmu Kelautan Universitas Hasanuddin: Makassar.

Arief, A. M. P., 2003. Hutan Mangrove Fungsi dan Manfaatnya. Penerbit Kanisius: Yogyakarta

Bambang T dan Gagat N, 2012. Standarisasi Koreksi Data Satelite Multiwaktu dan Multi Sensor (Landset TM/ETM Dan SPOT-4). Peneliti bidang sumber daya wilayah darat LAPAN.

BIG, 2014. Peraturan Kepala Badan Informasi Geospasial Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Pedoman Teknis Pengumpulan Dan Pengolahan Data Geospasial Habitat Dasar Perairan Laut Dangkal Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Kepala Badan Informasi Geospasial (No.1063, 2014 BIG).

Danoedoro, P. 1996. Pengolahan Citra Digital Teori dan Aplikasinya. Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta.

Dharmawan, I Wayan Eka & Pramuji, 2014. Panduan Monitoring Status Ekosistem Mangrove. Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Dharmawan) PT. Sarana Komunikasi Utama, Komplek Pertokoan Palazzo Blok R2 No-6 Mutiara Bogor Raya

Dimyati, R.D. dan M. Dimyati., 1998. Remote Sensing dan Sistem Informasi Geografis Untuk Perencanaan. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah: Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 430 times | PDF view : 193 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muh Luthfi Muhtadi

 Diterbitkan Oleh:

Prodi Geografi, Jurusan Geografi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam

Universitas Negeri Makassar

Editorial Office:

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License