Pengaruh Media Pembelajaran Akuntansi dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Berbasis Komputer

Dini Nurafriliani(1*), Chalid Imran Musa(2), Najamuddin Najamuddin(3), Muhammad Azis(4), Romansyah Sahabuddin(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v7i1.58989

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran akuntansi dan minat belajar secara parsial, simultan dan dominan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi berbasis komputer di kelas XII SMA Negeri 3 Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pupulasinya adalah seluruh peserta didik kelas XII IPS di SMA Negeri 3 Bulukumba yang berjumlah 128 orang, sedangkan jumlah sampel adalah 56 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif data, uji asumsi klasik, uji hipotesis dengan bantuan program SPSS. Hasil uji-t yang diperoleh adalah Thitung media pembelajaran akuntansi lebih besar dari Ttabel (5,221>2,005) dan Thitung Minat Belajar lebih besar dari Ttabel (2,866>2,005) dengan masing-masing nilai signifikan 0,000 dan 0,05 pada taraf signifikan 5%. Media pembelajaran akuntansi dan minat belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar 31,6 persen, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran akuntansi dan minat belajar secara parsial maupun secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pejaran ekonomi berbasis komputer di kelas XII SMA Negeri 3 Bulukumba, serta media pembelajaran akuntansi berbasis komputer lebih dominan pengaruhnya terhadap hasil belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima.  

Keywords


Media Pembelajaran Akuntansi; Minat Belajar; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Annurahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Baharuddin, A. 2015. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal. Padang: CV. Abe Kreatifindo.

Barnawi & Arifin. 2014. Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Dimyati & Mudjion o. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Djaali. 2017. psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS Update PLS Regresi Edisi 7. Semarang: Universitas Diponegoro.

Habibah, E. E. U. & Trisnawati, N. 2022. Pengaruh Minat Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMK pada Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4668–4680. https://ejornal.poiteknikpratama.ac.id.

Harvianto, Y. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Selama Masa Pandemi Covid-1. Jurnal Porkes,4(1), 1-7. https://Scholar.archive.org.

Herlina, dkk. 2022. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Jutiti, 2 (2). 100. https://ejournal.politeknikpratama.ac.id.

Jihad, A & Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rsdkarya

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdarkan Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kustandi, C & Darmawan, D. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Kustandi, C. & Sutjipto, B. 2011. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Laras, S. A. & Rifai, A. 2019. Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belaja Peserta Didik di BBPLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 121–130. https://jurnal.untirta.ac.id.

Lestari, A. dkk. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer dengan Model Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Petik, 6(1), 18–26. https://Scholar.archive.org.

Mawaddah, N. A. 2022. Pengaruh Minat Belajar dan Manajemen Waktu terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Gowa. Tesis Program Magister. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Munarfah, M. A. & Hasan, M. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: CV. Praktika Aksara Semesta.

Parwati, N. N., Suryawan, P. P., & Apsari, R. A. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Priansa, D. J. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Purwaji, Wibowo, & Murtanto. 2016. Pengantar Akuntansi 1. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka belajar.

Rukajat, A. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.

Sanjaya. 2020. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Siregar, S. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rsdkarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

________. 2017. Metode Penelitia Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Syafril & Zen, Z. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana.

Syah, M. 2015. Psikologi Belajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

_______. 2017. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Trijono, R. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Papas Sinar Sinanti.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Bandung: Citra Umbara

Widodo. 2019. Metodologi Penelitian Populer dan Praktis. Depok: Rajawali Pers.

Zebua, T. G. 2021. Teori Motivasi dan Hubungannya dengan Minat Belajar. Indonesia: Guepedia.


Article Metrics

Abstract view : 61 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dini Nurafriliani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar Index Copernicus  PKP Index  Dimensions

 Microsoft Academic Search

 

Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jekpend.fe@unm.ac.id Contact+6285341579686