Implementasi dan Pengaruh Marketing Mix sebagai Strategi Peningkatan Penjualan Kain Tenun Sutera
(1) Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan, Universitas Puangrimaggalatung
(2) Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan, Universitas Puangrimaggalatung
(3) Prodi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan, Universitas Puangrimaggalatung
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v7i1.54401
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi dan Pengaruh Marketing Mix sebagai strategi peningkatan penjualan kain tenun sutera. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tosora, Kab. Wajo dengan jumlah responden sebanyak 30 orang pengrajin sutera. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif menggunakan Uji parameter proporsional dan analisis regresi linear berganda dengan metode Ordinary Least Square (OLS). Penelitian ini telah berdistribusi normal, bebas dari masalah multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Penenun di Desa Tosora telah mengimplementasikan strategi Marketing Mix dengan rata-rata penerapan telah tergolong kategori sedang dan tinggi. Hasil Uji F menunjukkan bahwa Product, Price, Place dan Promotion, secara bersama-sama berpengaruh terhadap penjualan kain tenun sutera. Hasil uji t menunjukkan bahwa Penjualan Kain Tenun Sutera secara signifikan dipengaruhi oleh Product, Place dan Promotion. Sedangkan Price secara signifikan tidak mempengaruhi penjualan kain tenun sutera. Nilai koefisien regresi Product paling besar mempengaruhi penjualan kain tenun sutera yaitu sebesar 0,4162, menunjukkan bahwa setiap penambahan peningkatan bauran pemasaran Product sebesar 1 persen akan meningkatkan penjualan kain tenun sutera sebesar 0,4162 persen dengan asumsi bahwa faktor lain tetap (konstan).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azhari, A. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Pemasaran Kain Tenun Sutera Melalui Analisa Bauran Pemasaran dan Inovasi Produk di Tengah Masa Pandemi Covid-19. Amsir Management Journal, 2(1), 68–80. https://doi.org/10.56341/amj.v2i1.60
Boufim, M., & Barka, H. (2021). Meryem BOUFIM 1 , Hafid BARKA 2 2. 3(3).
Ciamas, W. S., Ciamas, E. S., Lisa, L., & ... (2021). Harga sebagai Komponen Marketing Mix Terhadap Penjualan di PT Bale Dipa Aruna (Perumahan Medan Resort City), Medan. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI) SENSASI 2021, 496–500. http://seminar-id.com/prosiding/index.php/sensasi/article/view/635
Fachriyan, H. A., & Waluyati, L. R. (2021). Perubahan Traditional Marketing Mix ( 4P ) di dalam E-Marketplace dan Dampaknya pada Keunggulan Posisional Bersaing UMKM Pangan. 16(2), 167–177.
Firdaus, F. (2021). Eksistensi Tennung Walida (Gedogan) Kain Sutera di Desa Rumpia Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(3), 366–372. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i3.6059
Goi, C. L. (2006). A Review of Marketing Mix : 4Ps or More ? 1(1), 2–16.
Inanna. (n.d.). KEARIFAN LOKAL PADA INDUSTRI KERAJINAN KAIN TENUN SUTERA DI KABUPATEN WAJO. 2407–4268.
Išoraitė, M. (2016). Marketing Mix Theoretical Aspects. International Journal of Research -GRANTHAALAYAH, 4(6), 25–37. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v4.i6.2016.2633
Khoiriyah, N., Widodo, J., & Ani, H. M. (2017). Strategi Bauran Pemasaran Kerajinan Tenun Ikat Pada Cv. Silvi Mn Paradila Di Desa Parengan Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(1), 91. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i1.5007
Mahyuddin, S. H. R. Y. M. (2018). Analysis Price Transmission of Cayenne Pepper In South Sulawesi Province. International Journal of Science and Research (IJSR), 7(8), 329–332. https://doi.org/10.21275/ART2019464
Mohamad, R., Syariah, P., Mohamad, R., Rahim, E., Mix, M., & Mix, M. (n.d.). STRATEGI BAURAN PEMASARAN ( MARKETING MIX ) DALAM. 15–26.
Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju Analysis of Marketing Strategy to Increase Sales at Ibu Bagas ’ s Business in Mamuju District. 1(1), 1–13.
Purnamasari, F., Waluyati, L. R., & Masyhuri, M. (2017). The Effect of Good Agriculture Practices (GAP) on Soybean Productivity with Cobb-Douglas Production Function Analysis in Kulon Progo Regency. Agro Ekonomi, 28(2), 220. https://doi.org/10.22146/jae.26823
Rosadi, S. H., & Purnamasari, F. (2022). Transmisi Harga Bawang Merah Ditingkat Produsen dan Konsumen di Sulawesi Selatan. Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 10(2), 206–219. https://doi.org/10.30605/perbal.v10i2.1870
Rosadi, S. H., Purnamasari, F., & Hasna. (2021). Analysis of the Supply Chain of Cayenne Pepper in South Sulawesi. Agribusiness Journal, 4(1). https://doi.org/10.31327/aj.v4i1.1535
Sefudin, A. (2014). Redefinisi Bauran Pemasaran (Marketing Mix)“4P”Ke“4C.” Journal of Applied Business and Economics, 1(1), 17–23.
Shareen, S., & Andayani, N. R. (2018). PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK KARA SANTAN PT ENSEVAL PUTERA MEGATRADING, Tbk. Journal of Applied Business Administration, 2(1), 46–59. https://doi.org/10.30871/jaba.v2i1.762
Simamora, M., & Khair, H. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Masyarakat Pembelian Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Tapanuli Selatan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 546–559.
https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.632
Article Metrics
Abstract view : 1012 times | PDF view : 22 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sri Hardianti Rosadi, Fitry Purnamasari, Aslidayanti -
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Has been Indexed and Abstracted by:
Published by:
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] Contact: +6285341579686