Analisis Perilaku Konsumen dan Dampak Dari Peningkatan Penggunaan Bisnis Online Shop Di Makassar Pada Saat Pandemik Covid-19

Andi Annisa Sulolipu(1*), Andi Tonra Lipu(2),

(1) Universitas Patompo
(2) Universitas Patompo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v6i1.39629

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dan dampak peningkatan penggunaan online shop di wilayah Makassar pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini akan membahas teori perilaku, perilaku konsumen, keputusan pembelian, dan bisnis online. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan naratif kualitatif dan menggunakan metode problem study untuk berbagi hasil. Metode studi masalah adalah penyelidikan mendalam dan terperinci atas suatu kejadian dan dapat berupa kejadian, lingkungan, atau situasi eksklusif yang membicarakan atau membuat sesuatu menjadi masuk akal. Peneliti melakukan penelitian terhadap pengguna online shop untuk mendapatkan data yang jenuh dan menemukan jawaban yang pasti bergantung pada subjek penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengorganisasian data, pembacaan data (memo), penulisan data ke dalam kode, pengelompokan ke dalam topik pengkodean, interpretasi data, dan penyajian data (Cresswell, 2018). Berdasarkan hasil penelitian, terdapat dua bahasan yaitu Perilaku Konsumen dalam Belanja Online dan Dampak Meningkatnya Penggunaan Bisnis Online Shop.


Keywords


Consumer behavior, The Impact of Increasing Online Shop Business

Full Text:

PDF

References


Adam, A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Keberadaan Bisnis Online. Jurnal Hukum Dan Ekonomi, 06(2), 51–58.

(Arciniegas Paspuel, O. G., Álvarez Hernández, S. R., Castro Morales, L. G., & Maldonado Gudiño, 2021)

Diurna, A., No, V. V, Dalam, A., Shop, O., Shop, O., Shop, L. O., Konsumerisme, T., Sma, S., Setiap, M., & Online, L. (2016). e- journal “Acta Diurna” Volume V. No.3. Tahun 2016. V(3). (Education & Advice, 2018)

Fadillah, F., & Anismadiyah, V. (2020). Dampak Pembelian Online Terhadap Omzet Penjualan Busana Wanita Di Blok B Lantai Lg Los Ad Pasar Tanah Abang. Proceedings …, 2(4), 391–400. https://doi.org/10.5281/zenodo.3472242.

Fatmawati, N. (2020). Gaya Hidup Mahasiswa Akibat Adanya Online Shop. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 29–38. https://doi.org/10.17509/jpis.v29i1.23722.

Fitria, E. M. (2015). Dampak Online Shop Di Instagram Dalam Perubahan Gaya Hidup Konsumtif Perempuan Shopaholic Di Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 3(1), 117–128.

Harahap, D. A. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.02.

Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang ). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian, 21(1), 1–8.

Nofri, O., & Hafifah, A. (2018). Online Shopping Di Kota Makassar. Manajemen, Ide, Inspirasi, 5(1), 113–132.

Nur Diana, R. (2016). Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum Unesa Akibat Adanya Online Shop Jilbab. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(4), 677–692.

Pendidikan, J. P. (2018). Online Shop : Ruang Sosialisasi Diri Dan Eksploitasi. Penelitian, Pendidikan, Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 1(1), 71–76.

Rahayu, C. D., M, H. B., Zuhdi, K. N., Perdana, M. I., Aprilia, N. F., Dionchi, P. H. P., & Yuniar, A. D. (2021). Perilaku konsumtif sebagai dampak online shop di kalangan mahasiswa Sosiologi 2019 Universitas Negeri Malang. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5), 542–546. https://doi.org/10.17977/um063v1i5p542-546.

Ricky, R. D. M., Kawung, E., & Goni, S. Y. V. . (2021). Dampak aplikasi belanja online (online shop) di masa pandemi covid-19 terhadap minat belanja masyarakat di kelurahan girian weru ii kecamatan girian kota bitung provinsi sulawesi utara. Jurnal Ilmiah Society, 1(1), 1–10. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnalilmiahsociety/article/view/36087.

Sitepu, C. F., & Hasyim, H. (2018). PERKEMBANGAN EKONOMI KOPERASI di INDONESIA. Niagawan, 7(2), 59–68. https://doi.org/10.24114/niaga.v7i2.10751

Sugiyanto, C., Handoko, B. S., & Adinusa, I. (2013). Pengaruh Konsentrasi Partai Politik di Daerah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 13(2), 109–124. https://doi.org/10.21002/jepi.v13i2.27.


Article Metrics

Abstract view : 322 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andi Annisa Sulolipu, Andi Tonra Lipu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar Index Copernicus  PKP Index  Dimensions

 Microsoft Academic Search

 

Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jekpend.fe@unm.ac.id Contact+6285341579686