Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Gondangwetan Kabupaten Pasuruan ( Study Kasus Kelas XI Jurusan IPS )

Lailatul - Ulid(1*), Nurus Sobakh(2), Etta Mamang Sangadji(3),

(1) Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
(2) Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
(3) Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v6i1.38594

Abstract


Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang harus dijalani oleh seluruh anak bangsa. Pendidikan di indonesia masih dalam tahap perkembangan. sehingga perlu menciptakan SDM yang berkualitas yang membawa perubahan menjadi lebih baik. Adapun Faktor-faktor yang melatarbelakanginya adalah, pada hasil observasi dimana sebagian siswa laki-laki kelas XI Jurusan IPS menjadi gugup saat menjawab pertanyaan dari guru, dan takut gagal. Selain itu, lingkungan belajarnya dekat dengan jalan raya sehingga menyebabkan proses kegiatan belajar mengajarnya agak terganggu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Gondangwetan Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif deskriptif korelasional kausalitas , dengan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling dan sampel sebanyak 58 responden. Alat pengumpulan datanya yaitu kuesioner atau angket menggunakan ( googleform ), observasi dan dokumentasi nilai raport. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial kedua variabel independen berpengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mempunyai ( nilai t hitung 2,846 > t tabel 2,00404, nilai signifikan t = 0,006 < 0,05 ). Dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mempunyai ( nilai t hitung 3,031 > t tabel 2,00404, nilai signifikan t = 0,004 < 0,05 ). Secara simultan kedua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mempunyai ( nilai F hitung 56,133 > 3,16 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 ). Dan diketahui pada uji koefisien determinasi, nilai R square 0,671 atau 67,1% artinya kedua variabel ini berpengaruh terhadap prestasi belajar, dan sisanya 32,9% dipengaruhi oleh hal-hal lain.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar


Keywords


Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2017). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Dalam ABDULLAH. Jakarta.

Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10, 54.

Andriawati, E., Mashudi, & Utomo, B. B. (2013, Pontianak). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sma. Jurnal pendidikan .

Ghazali, Iman;. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS Edisi Sembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartono, B. (2018). Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Rimpun IPS Siswa Jurusan IPS Kelas XI SMAN 8 Mataram. Dalam B. Hartono. MALANG.

Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12.

Pratama, H. J., & Ghofur, M. A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan , 3 (4), 1575.

Rahmawati, R. R. (2013). Hubungan Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sosiologi. Surakarta.

Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi aksara.

Widyaningtyas, A. (2012). Peran Lingkungan Belajar dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pati. Dalam A. Widyaningtyas, Perpustakaan.uns.ac.id (hal. 1-3). Surakarta.

Buku:

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: ALFABETA.


Article Metrics

Abstract view : 116 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lailatul - Ulid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar  PKP Index  Dimensions

 Microsoft Academic Search

 

Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] Contact+6285341579686