Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatan Daya Saing Bisnis Toko Filosofi Gift Di Kota Makassar

Bakhtiar Bakhtiar(1*), Muh. Rizal S(2), Risma Niswaty(3), Andi Muhammad Rivai(4), Ika Reskiyanti(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v5i1.36874

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk..mengetahui bagaimana penerapan strategi pemasaran Toko Filosofi Gift dalam meningkatkan daya saing bisnis.Untuk mengetahui apa faktor determinan dalam penerapan strategi pemasaran Toko Filosofi Gift dalam  meningkatkan daya saing bisnis. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 10 orang dengan representative dan memenuhi kriteria dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan  reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran menggunakan tiga strategi yaitu segmentation marketing, targeting, positioning. Strategi pemasaran lainnya yang digunakan yaitu bauran pemasaran yang diantaranya product, price, place, and promotion. Adapun faktor determinan dalam penerapam strategi pemasaran yaitu faktor pendukung yag terdiri dari kualitas produk, sosial media, dan perizinan usaha. Adapun faktor penghambatnya terdiri dari biaya pemasaran, bahan baku, faktor harga, dan faktor persaingan

Keywords


Strategi Pemasaran, Pemasaran, Bauran Pemasaran, Daya Saing

Full Text:

PDF

References


Achsa, Achsa., Destiningsih, Rian., & Hirawati, Heni. (2020). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Wisata Desa Taman Bunga Manohara Desa Purwodadi. (JMK) Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 1–17. https://ejournal.uniskakediri.ac.id/index.php/ManajemenKewirausahaan/article/view. Diakses pada tanggal 22 Februari 2022

Assauri, Sofjan. (2018). Manajemen Perubahan Dasar. Konsep & Strategi Edisi 1 Cetakan ke-14, Jakarta : Rajawali Pers.

Baihaqi, Muh. Nasrul. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Toko Vanhelen dalam Meningkatkan Penjualan (Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam)

Bashori,. (2017). Strategi Kompetitif Dalam Lembaga Pendidikan. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 161–180.

Buchari, Alma. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa”. Bandung: Alfabeta.

Elvani, S. (n.d.). Pengukuran Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Umkm) Pengolahan Jamur Tiram di Kabupaten Jember.

Freddy. Rangkuti, David. (2006). Manajemen Strategi. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat

Freddy, Rangkuti. (2006). Analisis SWOT : Teknik Membedah Kaus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hafizh, R., & Hanafian. (2017). Tinjauan Strategi Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) Pada Pt. Soka Cipta Niaga. E- Proceeding Of Applied Science, 3(340).

Himawan, Febtiono. (2016). Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Sempaja Kota Samarinda. E-Journal Ilmu Pemerintahan, 4(3).

Jilid, P. (n.d.). mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. Definisi ini berdasarkan pada konsep inti: kebutuhan, keinginan dan permintaan; produk nilai, biaya dan kepuasan; pertukaran, transaksi, dan hubungan; pasar dan pemasaran serta pemasar.

Jundah Sulaiman, H. (n.d.). Strategi Pelayanan Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Timur Pada Jamaah Haji Manula Tahun 2018. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif

Kaligis, Dirk. (2015). Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Orientasi Wirausaha Terhadap Kinerja Pemasaran yang dimoderasi oleh Lingkungan Persaingan (Studi pada Pengembang Real Estate di Sulawesi Utara). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(2).

Kartajaya, H. (2007). Markplus on Marketing The Second Generation. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip., & Amstrong, Gary. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta. Pt. Indeks.

Kunjariyanto. (2020). Strategi Peningkatan Daya Saing Madrasah Berbasis Ekstra Kurikuler (Studi Kasus di MI Nahdlatul Fata Petekeyan Kabupaten Jepara). IAIN Kudus.

Kusumawati, Ratna. (2010). Pengaruh karakteristik pimpinan dan inovasi produk baru terhadap kinerja perusahaan untuk mencapai keunggulan bersaing berkelanjutan. Akses: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(9). https://www.publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/AKSES/article/view. Diakses pada tanggal 20 Februari 2022

Lailiyah, Sitti. (2017). Strategi Pemasaran Islami dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Asuransi di Kota Palembang Pasa AJB Bumputera Syariah Cab. Palembang. UIN Raden Fatah Palembang.

Lucianda, L. (2020). Efektivitas Pembinaan dan Pengembangan Sentra Usaha Kecil dan Menengah oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Bengkulu. IAIN Bengkulu.

Mulyana, Mumuh. (2019). Peran Pemasaran dalam Masyarakat dan Perusahaan https://osf.io/preprints/inarxiv/c83qh/. Diakses pada tanggal 22 Februari 2022

P. Siagiam, Sondang. (2005). Manajemen Strategi. Jakarta : PT.Bumi Aksara

Priansa, Doni Juni. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sirajuddin, M. Rizal., L.utfi, & Awaluddin, M. (2021). Investment Patterns of Small and Medium Micro Enterprises (MSMEs) in Sinjai District. International Joined Conference on Social Science (ICSS 2021), 631–635. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icss-21/125965161. Diakses pada tanggal 15 Maret 2022

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

(2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suharyanti, Ni Putu Noni., & Sutrisni, Ni Komang. (2020). Strategi pencegahan penyebaran virus covid-19 berbasis adat di Bali. Prosiding Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati Denpasar 2020, 210–218. http://ejournal.unmas.ac.id/index.php/webinaradat/article/view/1183 Diakses pada tanggal 03 Maret 2022

Sunyoto, Danang. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Caps.

Susanto, Haryo Resto Singgih. (2021). Pengaruh Marketing Mix (Produk, Harga, Lokasi, dan Promosi) terhadap Keputusan Pembelian Pada Indomaret Drive Thru Tomang. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Wibowo, Dimas Handika., Arifin, Zainal., & Sunarti, S. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Brawijaya University.


Article Metrics

Abstract view : 895 times | PDF view : 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dr. Bakhtiar, S.Pd., M.Pd, Muh. Rizal S

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar Index Copernicus  PKP Index  Dimensions

 Microsoft Academic Search

 

Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jekpend.fe@unm.ac.id Contact+6285341579686