Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Kayuuwi Kecamatan Kawangkoan Barat Kabupaten Minahasa

Telly Hetty Isje Kondoj(1*),

(1) Politeknik Negeri Manado
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v5i2.34269

Abstract


Peningkatan ekonomi masyarakat dalam pengembangan desa wisata kayuuwi Kecamatan Kawangkoan Barat dengan tujuan : 1). untuk Mendeskripsikan partisipasi masyarakat dalam pengembangan Desa Wisata Kayuuwi saat ini terkait dan 2) .Untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat dan mendukung partisipasi masyarakat dalam pengembangan Desa Wisata Kayuuwi. Dengan menggunakan Jenis penelitian kualitatif dan analisis data deskriptif kualitatif serta teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumtasi. Informansi dan ataupun responden ini ditujukan kepada : kelompok sadar wisata,(Pokdarwis),pelaku usaha, dan tokoh masyarakat setempat. Penelitian ini dapat memberi manfaat:. Bagi masyarakat dapat bermanfaat dalam upaya mendapatkan informasi untuk pola-pola pengembangan Desa serta strategi pemberdayaan kepada masyarakat . Diharapkan juga dari hasil ini dapat dilakukan beberapa kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam memberikan bimbingan teknis dalam kesinambungan sebagai Desa Wisata yang betul-betul secara komprehensif memenuhi standart Asosiasi Desa Wisata Indonesia. Serta kelanjutan penelitian yang pada tahapan penerapan untuk pembenahan-pembenahan sebagai Desa Wisata .


Keywords


Partisipasi, Masyarakat, Pengembangan Desa Wisata. Ekonomi Pariwisata

Full Text:

PDF

References


Akrom. K.M. 2014. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan Di Pantai Cahaya Waleri Kabupaten Kendal. Fakultas Ekonomi. Universitas Dipenogoro Semarang.

Arifin, Zaenal. 2014. Peran Objek Wisata Waduk Gunung Rowo Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat. Desa Sitiluhur Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Prodi Pengembangan Masyarkat Islam (PMI)

Dewi, Oktaviani. 2013. Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Objek Wisata Bahari Di Pulau Kapoposang Kabupaten Pangkajenne Dan Kepulauan Makassar. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Makassar.

Dermatoto, Argyo. 2008. Strategi Pengembangan Objek Wisata Padesaan Oleh Pelaku Wisata Di Kabupaten Boyolali. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Murniati, 2008. Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata di Desa Wirun Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Maret Surakarta.

Nurdiyanto, Sigit. 2015. Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Bleberan Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Fakultas Dakhwa Dan Komunikasi Universitas Islam Negari Sunan Kaligaja Yogyakarta.

Purnamasari. 2008. Studi partisipasi Masyarakat dalam Perencanaan

Pengembangan Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi. Program

Pascasarjana Universitas Diponogoro, Semarang

Purbathin Hadi, Agus. 2006. Konsep Pemberdayaan, Partisipasi Dan Kelembagaan Dalam Pembangunan. Yayasan Agrebisnis/Pusat Pengembangan Masyarakat Agrikarya (PPMA).

Riskayana, 2015. Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Objek Wisata Alam Pantai Karsut. Di Desa Kampala Kecamatan Arungkeke Kabupaten Jeneponto. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar.

Robitho Widyasti, Farida. 2013. Strategi Promosi Wisata Pada Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda Dan Olah Raga Kabupaten Temanggung. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rusudi, Siregar. 2001. Bentuk – Bentuk Partisipasi Pengembangan. Balai Pustaka Jakarta.

Sastropoetro, Santoso. 2012. Partisipasi, Komunikasi Penyusaian Dan Disiplin Dalam Pembangunan Nasional. Jakarta, Penerbit Alumni.

Setyawan, I Waayan Edy. 2014. Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Kawasan Wisata Geopark Batur Di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Genesha.

Suwantoro, Gamal. 2004. Dasar – Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Susanti, Yeni. 2012. Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Pengembangan Objek Wisata Gowa Tabunan Sebagai Tujuan Wisata (Tourist Destination Area) Di Desa Wareng Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Sucini. 2004. Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Keberhasilan Pembangunan Fisik Di Desa Kerangjaladri Kecamatan Perigi Kabupaten Ciamis. Universitas Galuh.

Susanti, Yeni. 2012. Partisipasi masyarakat Lokal Dalam Pengembangan Objek Wisata Goa Tabunan Sebagai Daerah Tujuan Wisata (Tourist Destination Area) Di Desa Wareng Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta

Syarifudin, Khaeron. 2004. Pola Partisipasi Dan Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Objek Wisata Pantai Tirta Samudra Jepara. Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Diponegoro.

Undang – Undang Republik Indonesia No>10 tahun 2010 Tentang Pariwisata.


Article Metrics

Abstract view : 662 times | PDF view : 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Telly Hetty Isje Kondoj

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar Index Copernicus  PKP Index  Dimensions

 Microsoft Academic Search

 

Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jekpend.fe@unm.ac.id Contact+6285341579686