Analisis Prestasi Belajar Mahasiswa Melalui Tutorial Online Mata Kuliah PDGK 4406 Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar UPBJJ-UT Makassar

Kadariah Kadariah(1*), Sukarman Sukarman(2), Patmawati Halim(3), I Bandong(4),

(1) Universitas Terbuka
(2) Universitas Terbuka
(3) Universitas Terbuka
(4) Universitas Terbuka
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v5i2.34266

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya dan pengaruh dan kontribusi Tutorial Online (Tunton) terhadap prestasi belajar mahasiswa Mata Kuliah PDGK 4406 Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar UPBJJ-UT Makassar. Data dianalisis dengan metode korelasional dan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto dengan mengkaji korelasi antara tutorial online dan prestasi belajar mahasiswa Mata Kuliah PDGK 4406 Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar UPBJJ-UT Makassar. Untuk memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan dilakukan tes, mengumpulkan data melalui kuesioner, dokumentasi dan observasi. Untuk kepentingan pengelolaan data dalam penelitian ini maka di gunakan analisis korelasional dan regresi linear sederhana, dengan populasi seluruh   mahasiswa  PGSD  UPBJJ-UT  yang berjumlah 136 orang orang dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih sampel sebanyak 30% dari 136 orang populasi yakni sebanyak 40 orang mahasiswa yang menjadi sampel mengikuti pembelajaran matematika Sekolah Dasar UPBJJ-UT Makassar.

Hasil analisis dari pengolahan data penelitian diketahui bahwa hasil deskripsi variabel tutorial online diperoleh persentase rata-rata skor aktual sebesar 78,1 persen dan termasuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil analisis regresi sederhana diperoleh persamaan Y= 88,187 + 0,077. Artinya bahwa jika tutorial online bernilai nol, maka prestasi belajar mahasiswa sudah mencapai 88,187 namun setelah tutorial online ini dilaksanakan maka terjadi peningkatan sebesar 0,077. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,039<0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sedangkan hasil analisis korelasi product moment diperoleh besarnya nilai korelasi sebesar 0,579 berada pada interval 0,40-0,599 yang berarti termasuk pada kategori sedang. Hal ini berarti bahwa tutotial online memiliki kontribusi kepada prestasi belajar mahasiswa sebesar 8,4 persen sedangkan sisanya sebesar 91,6 persen dipengaruhi oleh faktor lain

Keywords


Prestasi belajar mahasiswa dan tutorial online

Full Text:

PDF PDF

References


Adnan, I., & Padmo, D. (2009). Tutorial As Learning Support. In A. Suhaeri, & E. Nugraheni, Universitas terbuka: A journey Towards A Leading Open and Distance Education Intitution 1984 - 2008 (pp. 57 - 79). Tabgerang Selatan: Universitas Terbuka.

Anonim. (2014, Oktober 10). media-online.id. Retrieved Juni 9, 2015, from Potensi Budaya Rumput Laut Di Indonesia.

Bahri, S. dan Aswan Z, (2006). Strategi Belajar Mengajar. ed. Revisi, Cet. III, Jakarta. Rineka Cipta.

Belawati, Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (pp. 11 - 29). Tangerang: Universitas Terbuka.

Budiwati, Y. (2007, Maret). Universitas terbuka. Retrieved Februari 4, 2016, from Universitas terbuka: www.ut.ac.id

Estimuwarni. (2013, Desember 5). http://estrimurwani.blogspot.co.id. Retrieved Februari 3, 2015, from Hakikat Pendidikan Jarak Jauh dan Pendidikan Terbuka .

Fitriana, L. (2010). Pengaruh Model pembelajaran Tipe Group Investigation dan STAD Ditinjau dari Kemadirian belajar Siswa. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa IPA di Sekolah dasar. Jurnal penelitian Pendidikan , 81 - 86.

Mulyani, D. (2013, Januari 1). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling , pp. 27 - 31.

Orstein, (1990). Landasan Konsep dan implementasi mengajar. Bandung: Alfabeta.

Panne, P. (1999). Pengertian Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. In T.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran Media Dalam Meningkatkan Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sopiatin, Popi, (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa, Bogor: Ghalia Indonesia

Subandijo, (1991), Persepsi Lulusan tentang Sistem Pendidikan Jarak Jauh, Buletin UT , Edisi Januari, Karunika.

Sudjana, N. (2002) . Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset.

Susanto. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bina Aksara.

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suparman, Atwi, (2004), Universitas Terbuka Memasuki Era Gelora Simintas tahun 2004 disampaikan kepada Civitas Akademika UT sebagai bahan Penyegaran dan Pencerahan dalam Memantapkan Masa Depan UT, Pondok Cabe, Jakarta.

Suparman, Atwi dan Aminudin Zuhairi, (2004), Pendidikan Jarak Jauh : Teori dan Praktek, Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, Jakarta.

Sukardi. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tu’u, Tulus. (2010). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo

Universitas Terbuka. (2015). Katalog Universitas Terbuka: Sistem Penyelenggaraan Program Non Pendas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Wardani, I.G.K. (2000). Program Tutorial Dalam Sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Jarak Jauh. Volume 1, nomor 2, September.

Yulianti, Thaief, I., & Rahmatullah. (2019). Contextual Teaching Learning Dalam Pembelajaran Ekonomi Contextual Teaching Learning in Economic Learning. Pinisi Business Administration Review, 1(2), 117–124.


Article Metrics

Abstract view : 148 times | PDF view : 19 times PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Kadariah Kadariah, Sukarman Sukarman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar Index Copernicus  PKP Index  Dimensions

 Microsoft Academic Search

 

Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jekpend.fe@unm.ac.id Contact+6285341579686