Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar Materi Teori Perilaku konsumen

Anindita Trinura Novitasari(1*), Aldila Septiana(2),

(1) STKIP PGRI Bangkalan
(2) STKIP PGRI Bangkalan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v5i2.32726

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan mengarahkan kemajuan pendidikan kedalam bentuk pembelajaran yang mengaktifkan mahasiswa dan memberikannya peran sebagai subjek pembelajaran. Konsep pembelajaran ini mengembangkan potensi mahasiswa dengan penerapan pola berpikir kritis. Mahasiswa dituntut berpikir kritis dalam mendeduksi teori. Didukung rasionalitas dalam pemecahan masalah. Berbekal pendidik yang berperan sebagai fasilitator diintegrasikan pada temuan dan pengalaman secara kontekstual, maka akan mengarahkan mahasiswa kedalam pemahaman substansial yang lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi teori perilaku konsumen. Metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif analisis data dengan menguji normalitas, uji heteroskedasitas, uji linearitas, dan uji signifikansi uji t. Hasil penelitian memberikan simpulan bahwa penerapan model pembelajaran discovery memberikan pengaruh yang dignifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Metode pembelajaran konstruktivistik memberikan pengalaman secara kontekstual pada mahasiswa untuk membangun pemahamannya sendiri berdasarkan substansi yang lebih mendalam dan lebih mudah diingat serta dipahaman mahasiswa. Mahasiswa terlibat penuh dalam mengkonstruksi materi dan lebih mudah untuknya memahaminya. Kemampuan dan pemahaman berpikir mahasiswa lebih meningkat dan mendalam, lebih mudah serta hasil pembelajaran dapat ditingkatkan. Mahasiswa terdorong untuk aktif dan kreatif, tema bahasan lebih luas dan mendalam, serta memperoleh banyak kesempatan untuk menemukan hal baru dari pengalamannya secara kontekstual. Terjadi perubahan pola pembelajaran konvensional menuju pembelajaran konstruktivistik.


Keywords


Konstruktivistik; Discovery; Kontekstual; Deduksi; Rasionalitas

Full Text:

PDF

References


Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1).

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80–86.

Arini, A., & Umami, H. (2019). Pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam melalui pembelajaran konstruktivistik dan sosiokultural. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 104–114.

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75.

Hilmi, N., Harjono, A., & Soeprianto, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery dengan pendekatan saintifik dan keterampilan proses terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2).

Indrawati, S. (2008). Peningkatan Kemampuan Bernalar Siswa Didik Melalui Pembelajaran Konstruktivisme. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 2(2).

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90–98.

Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84–92.

Kurnianto, H, et. a. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning disertai Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas IX SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 5(1).

Mardiya, N. Q. (2017). Penerapan Hukuman Kebiri Kimia Bagi Pelaku Kekerasan Seksual. Jurnal Konstitusi, 14(1), 213–233.

Muhfahroyin, M. (2010). Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Konstruktivistik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 16(1), 88–93.

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23–29.

Pauran, D. C., Waworuntu, J., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar di SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2), 139–150.

Putrayasa, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).

Putri, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2).

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan media video terhadap hasil belajar siswa. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 4(1), 59–62.

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar. Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 5–7.

Saputra, S. (2016). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati. JESBIO: Jurnal Edukasi Dan Sains Biologi, 5(2).

Sarnoto, A. (2015). Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Profesi, 4(1).

Sumarsih, S. (2009). Implementasi teori pembelajaran konstruktivistik dalam pembelajaran mata kuliah dasar-dasar bisnis. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(1).

Susanti, E, et. a. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Sains dan Hasil Belajar Siswa elas VIII Tentang IPA SMP ADVENT PALU. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulako, 5(3), 36–41.

Yulianti, Thaief, I., & Rahmatullah. (2019). Contextual Teaching Learning Dalam Pembelajaran Ekonomi Contextual Teaching Learning in Economic Learning. Pinisi Business Administration Review, 1(2), 117–124.

Ekonomi Contextual Teaching Learning in Economic Learning. Pinisi Business Administration Review, 1(2), 117–124.


Article Metrics

Abstract view : 368 times | PDF view : 119 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anindita Trinura Novitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar Index Copernicus  PKP Index  Dimensions

 Microsoft Academic Search

 

Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jekpend.fe@unm.ac.id Contact+6285341579686