Sikap Positif, Kreatif, dan Optimisme Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah PAUD4504 Mahasiswa PG PAUD di UPBJJ UT Makassar

Kusmaladewi Kusmaladewi(1*),

(1) Universitas Terbuka
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i1.12077

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sikap  positif, optimis, dan kreatif berpengaruh terhadap prestasi belajar mata kuliah PAUD4504 mahasiswa PG PAUD di UPBJJ UT Makassar, dan pakah sikap pikiran positi, optimism, dan kreatif  berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PAUD4504 mahasiswa PG PAUD di UPBJJ UT Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 180 orang dan jumlah sampel 119 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan  teknik purporsive random sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi nilai. Data dianlisis dengan bantuan fasilitas IBM SPSS Statistic 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat 39,6% sikap positif, 36,8% % sikap optimisme, dan 34,6% siakp kreatif, (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara siakp positif dengan prestasi belajar mata kuliah PAUD4504 (Y), koefisien korelasi sebesar 0,629a  dengan  nilai signifikansi 0,000b lebih kecil dari probabilitas < 0,05 (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara  siakp optimisme dengan prestasi belajar mata kuliah PAUD4504 (Y), koefisien korelasi sebesar 0,607a  dengan  nilai signifikansi 0,000b lebih kecil dari probabilitas < 0,05 (4) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara sikap kreatif dengan prestasi belajar mata kuliah PAUD4504 (Y), koefisien korelasi sebesar 0,589a  dengan  nilai signifikansi 0,000b lebih kecil dari probabilitas < 0,05 (5) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara sikap positif (X1), siakp optimisme, (X2) dan sikap kreatif  (X3), dengan prestasi belajar mata kuliah PAUD4504 (Y) mahasiswa Universitas Terbuka UPBJJ Makassar koefisien korelasi sebesar 0,725a. Artinya, pengaruh antara variabel X1, X2,X3 dengan variabel Y sangat kuat dengan determinan 52,6%


Keywords


positive attitude; optimistic; creative; learning achievement; PGPAUD students

Full Text:

PDF

References


Ananta Z. (2014). Kebiasaan-Kebiasaan Unik Orang Sukses & Kaya Raya, Yogyakarta: Citra Risalah

Arifin Z. ( 2009). Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Alex Sobur, (2003). Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia

Awang S. (2018). Mindsets for Success, Jakarta: PT Alex Media Komputindo

Ahmadi A., dan Widodo S. (2004) . Psikologi Belajar. Cetakan ke-2. Jakarta: Rineka Cipta.

Beetleston, F. 2011. Creative Learning. Bandung: Nusa Media.

Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana Pernada Media Group

Dahlan S. (2008). Seribu Pena Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas IX, Jakarta: Erlangga

Elfiky I. (2009). Terapi Berpikir Positif, Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta

Farida N. (2014). Pengaruh Sikap kreatif Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Aksioma. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP

Fitriyan Dennis. 2009. Berpikir Kreatif. Jakarta: Esensi.

Hamalik O. (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar, Jakarta: Bina Aksara Citra

Hartati L. (2013). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 3 (3): 224-235, Vol 3 No. 3, ISSN: 2088-351X. Fak. Teknik, Matematika & IPA Universitas Indraprasta PGRI

Kurniati L. & AU Fahruddin (2018). Pengaruh Optimisme Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah matematika pada Siswa SMA, Prociding Seminar & Internasional

Kotler, Philip dan Gary Amstrong (2008). Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Ke-9 Jilid 1, Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia

Maemunah, M., Herman, H., & Rahmatullah, R. (2018). Kecerdasan Emosional Dan Berfikir Logis Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(2), 66. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i2.7254

Monty PS.& Fidalis EW. (2003). Mendidik Kecerdasan, Jakarta: Media Grafik

Nasution, S. (1996). Didaktik Asas-Asas Mengajar, Bandung: Jemnars

Nugroho D (2017). 50 Karakter dan Kepribadian Orang Berbakat Kaya Sejaka Muda, Yogyakarta: Araska

Peng Kheng Sun, (2013). Cara Kreatif Mengatasi Kejenuhan Bekerja, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Poerwanto, Ngalim. (2007).Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya

Quilliam S.(2007). Positive Thinking, Jakarta: Dian Rakyat.

Santoso, S. (2018). Mahir Statistik Multivariat dengan SPSS. Elex Media Komputindo.

Sanusi, S. R. (2010). Beberapa Uji Validitas dan Reliabilitas Pada Instrumen Penelitian. Retrieved from http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/18868

Sudijono A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono (2010). Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta

________ (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

_________ (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Saragi S. (2007). Menumbuh kembangkan Berpikir Logis dan Sikap Positif Terhadap Matematika melalui pendekatan Matematika Holistik. Disertasi Tidak Terpublikasi, Bandung: UPI

Sia, Tjundjing. (2001). Hubungan Antara IQ, EQ, Dan QA Dengan Prestasi Studi Pada Siswa SMU. Jurnal Anima vol.17 No.1. 2001

Syamsu R. S.B. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal BIOEDUKATIKA Vol. 3No. 2 Desember

Suharnan.( 2011). Kreativitas Teori dan Pengembangan. Surabaya: La

Sutikno, Sobri. (2004). Menggagas Pembelajaran Efektif Dan Bermakna. Mataram: NTP Press.

Ubaedy AN (2009). Kedahsyatan Berpikir Positif, Jakarta: PT Perspektif Momunika

_________ (2008). Ubah Sikap Raih Kesuksesan, Jakarta: PT Perspektif Momunika

__________ (2008). Optimis Kunci Meraih Sukses, Jakarta: PT Perspektif Momunika

Utami M. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Uqshari Y. (2005). Percaya Diri Pasti, Jakarta: Gema Insani

Waskito (2013). The Power of Optimism: Membangun Harapan dan Semangat Umat Berdasarkan Al Quran, Sunnah dan Kehidupan Orang Shaleh, Jakarta: Pustaka Al Kautsar

Wardoyo S. (2010). Dahsyatnya Pikiran Positif, Yogyakarta: Manika Books

Yuniarto B. (2018). Pandangan dan Sikap BEM UI Tehadap Jalan Reformasi, Yogyakarta: CV Budi Utama.


Article Metrics

Abstract view : 853 times | PDF view : 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kusmaladewi Kusmaladewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar Index Copernicus  PKP Index  Dimensions

 Microsoft Academic Search

 

Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jekpend.fe@unm.ac.id Contact+6285341579686