Sikap Positif, Kreatif, dan Optimisme Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah PAUD4504 Mahasiswa PG PAUD di UPBJJ UT Makassar
(1) Universitas Terbuka
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i1.12077
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sikap positif, optimis, dan kreatif berpengaruh terhadap prestasi belajar mata kuliah PAUD4504 mahasiswa PG PAUD di UPBJJ UT Makassar, dan pakah sikap pikiran positi, optimism, dan kreatif berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PAUD4504 mahasiswa PG PAUD di UPBJJ UT Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 180 orang dan jumlah sampel 119 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik purporsive random sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi nilai. Data dianlisis dengan bantuan fasilitas IBM SPSS Statistic 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat 39,6% sikap positif, 36,8% % sikap optimisme, dan 34,6% siakp kreatif, (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara siakp positif dengan prestasi belajar mata kuliah PAUD4504 (Y), koefisien korelasi sebesar 0,629a dengan nilai signifikansi 0,000b lebih kecil dari probabilitas < 0,05 (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara siakp optimisme dengan prestasi belajar mata kuliah PAUD4504 (Y), koefisien korelasi sebesar 0,607a dengan nilai signifikansi 0,000b lebih kecil dari probabilitas < 0,05 (4) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara sikap kreatif dengan prestasi belajar mata kuliah PAUD4504 (Y), koefisien korelasi sebesar 0,589a dengan nilai signifikansi 0,000b lebih kecil dari probabilitas < 0,05 (5) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara sikap positif (X1), siakp optimisme, (X2) dan sikap kreatif (X3), dengan prestasi belajar mata kuliah PAUD4504 (Y) mahasiswa Universitas Terbuka UPBJJ Makassar koefisien korelasi sebesar 0,725a. Artinya, pengaruh antara variabel X1, X2,X3 dengan variabel Y sangat kuat dengan determinan 52,6%
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananta Z. (2014). Kebiasaan-Kebiasaan Unik Orang Sukses & Kaya Raya, Yogyakarta: Citra Risalah
Arifin Z. ( 2009). Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Alex Sobur, (2003). Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia
Awang S. (2018). Mindsets for Success, Jakarta: PT Alex Media Komputindo
Ahmadi A., dan Widodo S. (2004) . Psikologi Belajar. Cetakan ke-2. Jakarta: Rineka Cipta.
Beetleston, F. 2011. Creative Learning. Bandung: Nusa Media.
Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana Pernada Media Group
Dahlan S. (2008). Seribu Pena Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas IX, Jakarta: Erlangga
Elfiky I. (2009). Terapi Berpikir Positif, Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta
Farida N. (2014). Pengaruh Sikap kreatif Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Aksioma. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP
Fitriyan Dennis. 2009. Berpikir Kreatif. Jakarta: Esensi.
Hamalik O. (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar, Jakarta: Bina Aksara Citra
Hartati L. (2013). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 3 (3): 224-235, Vol 3 No. 3, ISSN: 2088-351X. Fak. Teknik, Matematika & IPA Universitas Indraprasta PGRI
Kurniati L. & AU Fahruddin (2018). Pengaruh Optimisme Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah matematika pada Siswa SMA, Prociding Seminar & Internasional
Kotler, Philip dan Gary Amstrong (2008). Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Ke-9 Jilid 1, Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia
Maemunah, M., Herman, H., & Rahmatullah, R. (2018). Kecerdasan Emosional Dan Berfikir Logis Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(2), 66. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i2.7254
Monty PS.& Fidalis EW. (2003). Mendidik Kecerdasan, Jakarta: Media Grafik
Nasution, S. (1996). Didaktik Asas-Asas Mengajar, Bandung: Jemnars
Nugroho D (2017). 50 Karakter dan Kepribadian Orang Berbakat Kaya Sejaka Muda, Yogyakarta: Araska
Peng Kheng Sun, (2013). Cara Kreatif Mengatasi Kejenuhan Bekerja, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Poerwanto, Ngalim. (2007).Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya
Quilliam S.(2007). Positive Thinking, Jakarta: Dian Rakyat.
Santoso, S. (2018). Mahir Statistik Multivariat dengan SPSS. Elex Media Komputindo.
Sanusi, S. R. (2010). Beberapa Uji Validitas dan Reliabilitas Pada Instrumen Penelitian. Retrieved from http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/18868
Sudijono A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono (2010). Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta
________ (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
_________ (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Saragi S. (2007). Menumbuh kembangkan Berpikir Logis dan Sikap Positif Terhadap Matematika melalui pendekatan Matematika Holistik. Disertasi Tidak Terpublikasi, Bandung: UPI
Sia, Tjundjing. (2001). Hubungan Antara IQ, EQ, Dan QA Dengan Prestasi Studi Pada Siswa SMU. Jurnal Anima vol.17 No.1. 2001
Syamsu R. S.B. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal BIOEDUKATIKA Vol. 3No. 2 Desember
Suharnan.( 2011). Kreativitas Teori dan Pengembangan. Surabaya: La
Sutikno, Sobri. (2004). Menggagas Pembelajaran Efektif Dan Bermakna. Mataram: NTP Press.
Ubaedy AN (2009). Kedahsyatan Berpikir Positif, Jakarta: PT Perspektif Momunika
_________ (2008). Ubah Sikap Raih Kesuksesan, Jakarta: PT Perspektif Momunika
__________ (2008). Optimis Kunci Meraih Sukses, Jakarta: PT Perspektif Momunika
Utami M. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Uqshari Y. (2005). Percaya Diri Pasti, Jakarta: Gema Insani
Waskito (2013). The Power of Optimism: Membangun Harapan dan Semangat Umat Berdasarkan Al Quran, Sunnah dan Kehidupan Orang Shaleh, Jakarta: Pustaka Al Kautsar
Wardoyo S. (2010). Dahsyatnya Pikiran Positif, Yogyakarta: Manika Books
Yuniarto B. (2018). Pandangan dan Sikap BEM UI Tehadap Jalan Reformasi, Yogyakarta: CV Budi Utama.
Article Metrics
Abstract view : 853 times | PDF view : 94 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Kusmaladewi Kusmaladewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Has been Indexed and Abstracted by:
Published by:
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jekpend.fe@unm.ac.id Contact: +6285341579686