Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Masa Pandemik Covid-19 Di Kota Makassar
(1) Universitas Terbuka
(2) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v5i1.29902
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran discovery Learning pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Kota Makassar agar proses belajar mengajar berjalan dengan efektif dan efisien dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian kuantitatif ini menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental Design bentuk One-Group Pretest-Posttest Design dengan menggunakan analisis korelasional dan regresi linear sederhana dimana populasi adalah siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar dan sampel sebanyak 96 siswa. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang kuat antara model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Sekolah Dasar di Kota Makassar. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning memiliki kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 47,2 persen sedangkan sisanya sebesar 52,8 persen dipengaruhi oleh faktor lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmadi, H. (2018). Educational management based on local wisdom (descriptive analytical studies of culture of local wisdom in West Kalimantan). Journal of Education, Teaching and Learning, 3(1), 135.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Eds VI). Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi.. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Pratik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Agus, Sasmito. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menafsirkan Persamaan Akuntasi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Mardisiswa Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal. Vol 1 No. 1. Halaman 1-7. UNNES.
Alfiana, E. (2013). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Dalam Keluarga Pada Bidang Pendidikan di Dusun Pandanan Desa Pandanan Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten [Universitas Negeri Yogyakarta]. In Skripsi. https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007
Alwasilah, A. C. (2002). Pokoknya kualitatif : dasar-dasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif. Pustaka Jaya.
Ansori. (2020). Peran Kepala Sekolah di Saat Pandemi Covid-19. www.Pintar.Tanotofoundation.Org.https://www.pintar.tanotofoundation.org/peran-kepala-sekolah-di-saat-pandemicovid-19/
Arsendy, S., Sukoco, G. A., & Purba, R. E. (2020). Riset dampak COVID-19: potret gap akses online ‘Belajar dari Rumah’ dari 4 provinsi. Theconversation.Com. https://theconversation.com/riset-dampak-covid-19-potret-gap-akses-online-belajardari-rumah-dari-4-provinsi-136534
Azwar, Saifuddin. (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Bluth, K., & Wahler, R. G. (2011). Does Effort Matter in Mindful Parenting? Mindfulness, 2(3), 175–178. https://doi.org/10.1007/s12671-011-0056-3
Candra, A. N., Sofia2, A., & Anggraini, G. F. (2013). Gaya Pengasuhan Orang Tua pada Anak usia Dini Ariya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Covid19.go.id. (2020). Data Sebaran. Covid19.Go.Id. https://covid19.go.id/
Dhiva, A. A. (2016). 6 Panduan Penting Dalam Menjaga Kesehatan Anak. Parentingclub.Co.Id. https://www.parentingclub.co.id/smart-stories/6-panduan-penting-dalam menjaga-kesehatan-anak
Duncan, L. G., Coatsworth, J. D., & Greenberg, M. T. (2009). A Model of Mindful Parenting: Implications for Parent-Child Relationships and Prevention Research. Clinical Child and Family Psychology Review, 12(3), 255–270. https://doi.org/10.1007/s10567-0090046-3
Gloria. (2020). Sehat Mental Selama di Rumah dengan Aktivitas Positif Bersama Keluarga. Ugm.Ac.Id. https://ugm.ac.id/id/newsPdf/19175-sehat-mental-selama-di-rumahdengan-aktivitas-positif-bersama-keluarga
Graha, C. (2007). Kebersihan Anak di Tangan Orang Tua Paunduan Bagi Orang Tua Untuk Memahami Perannya dalam Membantu Keberhasilan. PT Elex Media.
Harahap, F. I. N. (2018). Pengaruh Hasil Program Parenting Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.367
Hardiyana, A. (2016). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Paud. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24235/awlady.v2i1.762.g603
Harmaini. (2013). Keberadaan Orang Tua Bersama Anak. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Hatimah, I. (2016). Keterlibatan Keluarga Dalam Kegiatan Di Sekolah Dalam Perspektif Kemitraan. Pedagogia, 14(2), 290–297. https://doi.org/10.17509/ pedagogia.v14i2.3878
Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324
Hyoscyamina, D. E. (2011). Peran Keluarga Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Psikologi, 10(2), 144–152. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jpu.10.2.144-152.
Ihsani, I., & Santoso, M. B. (2020). Edukasi Sanitasi Lingkungan Dengan Menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Kelompok Usia Prasekolah Di Taman Asuh Anak Muslim Ar-Ridho Tasikmalaya. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 289. https://doi.org/10.24198 /jppm.v6i3.22987
Jannah, H. (2012). Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek. Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek Angkek, 1, 257–258.
Jatmikowati, T. E. (2018). Efektifitas Komunikasi Orang Tua Terhadap Kepribadian Intrapersonal Anak. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/ pedagogi.v4i2.1936
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Menjadi Orang Tua Hebat Untuk Keluarga dengan Anak Usia Dini. In My Hero (Vol. 98, Issue 25). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://118.98.227.114/glnsite/wpcontent/ uploads/2017/09/Juknis_PAUD.pdf
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Waktu Berkualitas Bersama Anak. Sahabatkeluarga.Kemdikbud.Go.Id. https://sahabatkeluarga. kemdikbud.go.id/laman/uploads/Dokumen/4483_201702-13/Waktu Berkualitas Bersama Anak.pdf
Lathifah, Z. K., & Helmanto, F. (2019). Orang Tua Sebagai Panutan Islami Untuk Anak. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 131. https://doi.org/10.30997/dt.v6i2.2129
Lestari, S. (2012). Psikologi keluarga : penanaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga (2nd ed.). Kencana.
Lutfatutatifah, Adriany, V., & FaizahRomadona, N. (2015). Pola Asuh Orang Tua Anak Usia Dini Di Kampung Adat Benda Kerep Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Serantau, 1(1), 1–226.
Mattewakkang, A. J. (2020). Arah Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19 (Refleksi Hari Pendidikan Nasional). Takalarterkini.Com. http://takalarterkini.com/ arahpendidikan-di-masa-pandemi-covid-19-refleksi-hari-pendidikan-nasional/
Murtiningsih, D. (2013). Peran Orangtua Dalam Kegiatan Bermain Anak Usia Dini (4-6 Tahun) Di Rumah. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 1–21.
Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur Abstrak. 5(1), 177–186. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529
Nuraini, R. (2020). Kasus Covid-19 Pertama, Masyarakat Jangan Panik. Indonesia.Go.Id. https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/ekonomi/kasus-covid-19pertama-masyarakat-jangan-panik
Nurkholis. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase (Covid-19) Terhadap. 6(1), 39–49.
Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i1.196
Oktaviani, S., Yanzi, H., & Pitoewas, B. (2017). Peranan Orang Tua Terhadap Upaya Perlindungan Kesehatan Reproduksi Di Desa Margoyoso Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus Lampung. In Skripsi. Universitas Lampung.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 1994 Tentang Penyelenggaraan Pembangunan Keluarga Sejahtera, Pub. L. No. 21 (1994).
Prabhawani, S. W. (2016). Pelibatan Orang Tua Dalam Program Sekolah Di Tk Khalifah Wirobrajan Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S-1.
Pramudyani, A. V. R. (2014). Peran orang tua sebagai guru pertama bagi anak usia dini. Jurnal Anak Usia Dini Edu, 1(2), 160–173. https://doi.org/https:// doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2686
Prasetyono, D. S. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Think Jogjakarta.
Pratiwi, M. R., Mukaromah, & Herdiningsih, W. (2018). Peran Pengawasan Orangtua Pada Anak Pengguna Media Sosial. 22(1), 37–57. https://doi.org/https:// doi.org/10.46426/jp2kp.v22i1.73
Puspitawati, H. (2013). Konsep dan Teori Keluarga. Gender Dan Keluarga, 4(Zeitlin 1995), 1– 16. https://doi.org/10.1249/01.mss.0000074580.79648.9d
Puspitawati, H. (2018). Ekologi Keluarga: Konsep dan Lingkungan (1st ed.). IPB Press.
Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1). https://doi.org/10.21043/kr.v6i1.1037
Rompas, Y. (2018). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia Sekolah Di Sd Inpres Talikuran Kecamatan Kawangkoan Utara. Jurnal Keperawatan.
Rosdiana, A. (2006). Partisipasi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini: Survei Pada Kelompok Bermain di Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmiah VISI, 1(2), 62–72. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JIV.0102.10
Sanders, M. R. (2008). Triple P-Positive Parenting Program as a Public Health Approach to Strengthening Parenting. Journal of Family Psychology. https://doi.org/10.1037/08933200.22.3.506
Seay, A., Freysteinson, W. M., & McFarlane, J. (2014). Positive Parenting. Nursing Forum. https://doi.org/10.1111/nuf.12093
Sofyan, I. (2019). Mindful Parenting: Strategi Membangun Pengasuhan Positif dalam Keluarga. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 41. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.241
Sudjana.(2012). Metode Statistika. Tarsido: Bandung Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R dan D. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprapto. (2013). Meodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu-ilmu pengetahuan sosial. Yogyakarta: CAPS.
Taubah, M. (2016). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam Mufatihatut Taubah (Dosen STAIN Kudus Prodi PAI). JUrnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 109–136. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.109-136
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, Pub. L. No. 35 2014).
UNICEF. (2020). Kiat Pengasuhan di Tengah Wabah Virus Corona (COVID-19). Unicef.Org. https://www.unicef.org/indonesia/id/coronavirus/kiat-pengasuhan-COVID19#top
WHO. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: Advocacy. Www.Who.Int. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-forpublic/healthy-parenting
Worldometers.info. (2020). COVID-19 Coronavirus Pandemic. Www.Worldometers.Info. https://www.worldometers.info/coronavirus/#page-top
Yin, R. (2003). Case Study Research: Design and Methods. 3rd Edition, Sage, Thousand Oaks. Open Journal of Social Sciences.
Yulianti, T. R. (2014). Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Pos PAUD Melati 13 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah). Jurnal EMPOWERMENT, 4(1), 11–24. https://doi.org/https://doi.org /10.22460/empowerment.v3i1p11-24.569
Zahrok, S., & Suarmini, N. W. (2018). Peran Perempuan Dalam Keluarga. IPTEK Journal of Proceedings Series. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4422
Suparman, Atwi dan Aminudin Zuhairi, (2004), Pendidikan Jarak Jauh: Teori dan Praktek, Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, Jakarta.
Sukardi. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Suryabrata, Sumadi, (2000). Pengembangan Alat Ukur Psikologis, Andi, Yogyakarta
Thoha, Miftah, (2012), Perilaku organisasi : Konsep dasar dan Aplikasi, Cetakan ke duabelas, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Tjiptono, F. 2002, Strategi Pemasaran, Yogyakarta : Andi Offset.
Tim Semintas, (2007), Petunjuk Kerja Pelaksanaan Ujian Akhir Semester Universitas Terbuka, Semintas UT, Jakarta.
Wardani, I.G.K. (2000). Program Tutorial Dalam Sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Jarak Jauh. Volume 1, nomor 2, September.
Article Metrics
Abstract view : 310 times | PDF view : 45 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Kadariah Kadariah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Has been Indexed and Abstracted by:
Published by:
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] Contact: +6285341579686