TINGKAT KEMAMPUAN LITERASI MEDIA MAHASISWA PRODI ILMU PERPUSTAKAAN UIN ALAUDDIN DALAM PEMBELAJARAN ILMU HADIS

Muhammad Arifin(1*), Saenal Abidin(2), Muhammad Arfin Muh Salim(3), Muh Zainuddin Badollahi(4),

(1) Politeknik Pariwisata Makassar
(2) UIN Alauddin Makassar
(3) Politeknik Pariwisata Makassar
(4) Politeknik Pariwisata Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v5i1.23249

Abstract


Penelitian ini berfokus pada kemampuan literasi media mahasiswa dalam pembelajaran ilmu hadis khususnya di prodi Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar. Menurut peneliti, hal ini penting untuk diteliti untuk mengetahui berapa tinggi kemampuan literasi informasi mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar dalam upaya meningkatkan wawasan mereka terhadap ilmu hadis dan seberapa siap mereka dalam mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh di tengah masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner/angket dengan bantuan skala likert. Hasil penelitian menujukkan bahwa minat mahasiswa dalam pembelajaran ilmu hadis jika dirata-ratakan berada pada kisaran angka 65,25% yang berarti ada pada kategori tinggi. Angka tersebut masih belum sampai pada level sangat tinggi. Olehnya itu dibutuhkan motivasi, dan metode mengajar yang lebih efektif dan menyenangkan bagi mahasiswa agar minat mereka bisa bertambah. Sedangkan untuk tingkat kemampuan literasi media, secara rata-rata berada pada kisaran angka 78,76 % yang berarti ada pada kategori tinggi. Secara rata-rata, mereka telah mampu memanfaatkan media informasi sebagai suatu sumber belajar secara mandiri. Mereka telah menerapkan bagian dari model literasi informasi yakni identifikasi kebutuhan sebelum melakukan penelusuran. Mengenai literatur yang menjadi pilihan mereka dalam akses informasi cenderung lebih menyukai akses informasi yang instan yakni dari internet sedangkan minat terhadap buku cetak sangat rendah. Olehnya itu, dibutuhkan pemahaman yang baik bagi mereka dan edukasi tentang cara menelusuri infomasi yang valid melalui berbagai media informasi yang relevan.

 


Keywords


Minat ; Literasi ; Media Informasi ; Pembelajaran ; Ilmu hadis

Full Text:

PDF

References


Abidin, Saenal. (2018) Teknologi Media Informasi, Gunadarma Ilmu: Gowa.

Gumgum, Gumilar, Adiprasetio Justito, and Maharani Nunik. (2017) “Literasi Media: Cerdas Menggunakan Media Sosial Dalam Menanggulangi Berita Palsu (Hoax) Oleh Siswa Sma.” Pengabdian Kepada Masyarakat,. https://doi.org/1410 - 5675.

Hamid Darmadi. (2013) Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial. Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial.

Juliswara, Vibriza. (2017) “Mengembangkan Model Literasi Media Yang Berkebhinnekaan Dalam Menganalisis Informasi Berita Palsu (Hoax) Di Media Sosial.” Jurnal Pemikiran Sosiologi 4, no. 2. https://doi.org/10.22146/jps.v4i2.28586

Kementerian Agama, RI. (2007) Al-Qur’an Terjemahan. Al-Qur’an Terjemahan,.

Kurniawati, J., and S. Baroroh. (2016) “Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu.” Jurnal Komunikator,.

Purwaningtiyas, Pranindya. (2019). “Literasi Informasi Dan Literasi Media.” IQRA`: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal), https://doi.org/10.30829/iqra.v12i2.3978.

Sugiyono. (2014) “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.” In METODE PENELITIAN ILMIAH,.

UNESCO. (2013) “Global Media and Information Literacy Assessment Framework: Country Readiness and Competences.” United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO),.

Wahidin, Unang. (2018). “Implementasi literasi media dalam proses pembelajaran pendidikan ilmu hadis dan budi pekerti.” Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 02 https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.284.


Article Metrics

Abstract view : 282 times | PDF view : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Arifin, Andi Achruh ABP, Andi Ibrahim, Saenal Abidin, Muh Zainuddin Badollahi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar Index Copernicus  PKP Index  Dimensions

 Microsoft Academic Search

 

Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jekpend.fe@unm.ac.id Contact+6285341579686